5 Kelompok Pejuang yang Muncul di Pakistan, Nomor 3 Diduga Dekat dengan Al Qaeda

Selasa, 23 Januari 2024 - 16:45 WIB
loading...
A A A

2. Brigade Zaynabiyoun


Brigade Zaynabiyoun merupakan kelompok pejuang syiah Pakistan. Pada riwayatnya, kelompok ini pernah dikerahkan untuk berperang di Suriah.

Mengutip AJC, pembentukan Brigade Zaynabiyoun tak bisa dilepaskan dari Iran. Bermula sekitar 2014, para anggotanya direkrut dari para pengungsi Pakistan yang tinggal di Iran.

Pada 2019, Menteri Keuangan Amerika Serikat (AS) Steven Mnuchin menyebut Brigade Zaynabiyoun telah mengeksploitasi komunitas pengungsi Afghanistan dan Pakistan di Iran.

Tak hanya merampas aset dan harta bendanya, mereka juga menggunakan para pengungsi sebagai tameng manusia dalam Perang Suriah.

3. Harakat-ul-Mujahideen (HuM)


Harakat-ul-Mujahideen (HUM) merupakan salah satu pecahan dari kelompok Harakat-ul-Jihad al-Islami (HuJI). Mereka diperkirakan telah muncul sejak 1985.

Mengutip Stanford CISAC, tujuan Harakat-ul-Mujahideen (HuM) adalah mendirikan pemerintahan Islam Pakistan di wilayah Kashmir dan Jammu yang disengketakan.

Tak hanya berperang dengan India, kelompok ini juga sering terlibat pertempuran melawan koalisi pimpinan Amerika Serikat di Afghanistan.

Lebih jauh, Harakat-ul-Mujahideen (HuM) dikatakan sebagai salah satu kelompok terdekat Al Qaeda.

Selain itu, mereka juga memiliki hubungan baik dengan sederet kelompok pejuang lain di dunia, seperti Hizbul Mujahideen, Lashkar e-Taiba, dan masih banyak lainnya.

4. Hizbul Mujahidin


Hizbul Mujahidin merupakan salah satu kelompok pejuang terbesar dan tertua yang beroperasi di Kashmir dan Jammu.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1090 seconds (0.1#10.140)