5 Kekejaman Militer AS yang Tercatat dalam Sejarah

Senin, 22 Januari 2024 - 20:40 WIB
loading...
5 Kekejaman Militer AS yang Tercatat dalam Sejarah
Tentara AS memiliki banyak catatan kekejaman dalam berbagai perang. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) dikenal sebagai negara yang menerapkan standar ganda. Ketika mereka kerap menggemakan hak asasi manusia, tetapi mereka merupakan negara yang tercatat dalam sejarah memiliki tingkat kekejaman yang tinggi, terutama dalam invasi militer ke negara lain.

5 Kekejaman Militer AS yang Tercatat dalam Sejarah

1. No Gun Ri, Korea

5 Kekejaman Militer AS yang Tercatat dalam Sejarah

Foto/Reuters

Melansir The World, pada tahun 1950, Amerika Serikat melakukan intervensi dalam Perang Korea untuk membela Korea Selatan, namun pasukannya kurang terlatih dan kurang siap. Serangan Korea Utara menciptakan krisis pengungsi yang parah, dan ketika ribuan warga Korea memenuhi medan perang saat mereka melarikan diri dari daerah yang dilanda perang, pasukan AS menjadi panik.

Pada hari yang sama ketika Angkatan Darat AS menyampaikan perintah penghentian pengungsi pada bulan Juli 1950, sekitar 400 warga sipil Korea Selatan dibunuh di kota No Gun Ri oleh pasukan AS dari Resimen Kavaleri ke-7. Para tentara tersebut berpendapat bahwa mereka mengira para pengungsi tersebut mungkin termasuk tentara Korea Utara yang menyamar.

Banyak pengungsi yang ditembak saat berada di atau di bawah jembatan batu yang melintasi kota; yang lainnya diserang dengan bom dan tembakan senapan mesin dari pesawat AS, lapor BBC. Cobaan berat itu berlangsung selama tiga hari, menurut para penyintas setempat dan anggota Kavaleri.

"Ada seorang letnan yang berteriak seperti orang gila, menembak semuanya, membunuh mereka semua," kenang veteran Joe Jackman, dilansir BBC. "Saya tidak tahu apakah mereka tentara atau apa. Anak-anak, ada anak-anak di luar sana, tidak peduli apa itu, berusia 8 hingga 80 tahun, buta, lumpuh atau gila, mereka menembak semuanya."

Associated Press menyampaikan berita tentang pembantaian tersebut pada bulan September 1999. Peristiwa ini kemudian dikenal sebagai salah satu pembunuhan terbesar terhadap warga sipil oleh pasukan Amerika pada abad ke-20.

2. My Lai, Vietnam

5 Kekejaman Militer AS yang Tercatat dalam Sejarah

Foto/Reuters

Melansir The World, pada tanggal 16 Maret 1968, Kompi Charlie, Brigade ke-11 memasuki desa My Lai, di wilayah Vietnam di mana banyak anggota brigade Amerika menjadi cacat atau dibunuh oleh pasukan Viet Cong. Pasukan tersebut akhirnya membunuh lebih dari 300 warga sipil di bawah perintah Letnan mereka, William Calley, yang menyuruh anak buahnya memasuki desa untuk melepaskan tembakan, meskipun tidak ada laporan adanya perlawanan terhadap tembakan.

Menurut laporan saksi mata, beberapa lelaki tua ditikam dengan bayonet, wanita dan anak-anak yang sedang berdoa ditembak di bagian belakang kepala, dan setidaknya satu gadis diperkosa dan kemudian dibunuh.

Cerita ini baru sampai ke masyarakat Amerika sampai jurnalis Seymour Hersh menerbitkan sebuah cerita yang merinci percakapannya dengan seorang veteran Vietnam, Ron Ridenhour, pada bulan November 1969. Pembantaian tersebut menimbulkan pertanyaan penting tentang perilaku tentara Amerika dan para pemimpin mereka di lapangan.


3. Abu Ghraib, Irak

5 Kekejaman Militer AS yang Tercatat dalam Sejarah

Foto/Reuters

Pada tahun 2004, dunia terkejut ketika beredar foto-foto tentara Amerika yang menganiaya tahanan Irak di Abu Ghraib, sebuah penjara luas di sebelah barat Bagdad yang terkenal karena seringnya sesi penyiksaan dan eksekusi di bawah pemerintahan Saddam Hussein, New York Times melaporkan.

Foto-foto tersebut, yang menunjukkan para tahanan Irak dipukuli, dianiaya dan diserang secara seksual, memicu kemarahan Arab dan Muslim terhadap Amerika Serikat, dan digunakan sebagai alat yang ampuh untuk merekrut pemberontak di Irak dan tempat lain, menurut Times.

Sembilan tentara AS dinyatakan bersalah dalam kasus pelecehan tersebut, yang juga memicu berbagai penyelidikan militer dan Kongres lainnya. Mantan Presiden Bush mengusulkan untuk menghancurkan kompleks tersebut setelah kejahatannya terungkap, namun seorang hakim militer Amerika memerintahkan agar kompleks tersebut dipertahankan sebagai tempat kejadian perkara, Times melaporkan. Pada bulan Maret 2006, militer mengumumkan bahwa mereka akan membersihkan semua tahanan yang tersisa dari Abu Ghraib.

Pada bulan Februari 2009, penjara tersebut dibuka kembali dengan nama baru, Penjara Pusat Bagdad, dan menjanjikan aksi kemanusiaan.

4. Haditha, Irak

5 Kekejaman Militer AS yang Tercatat dalam Sejarah

Foto/Reuters

Pada tanggal 19 November 2005, sekelompok marinir AS membunuh 24 pria, wanita dan anak-anak tak bersenjata di kota Haditha di Irak Barat. Sersan Staf. Frank Wuterich mengaku menyuruh anak buahnya untuk “menembak terlebih dahulu dan mengajukan pertanyaan kemudian,” dan pembantaian tersebut diyakini merupakan tindakan balas dendam atas serangan terhadap konvoi Amerika yang menewaskan seorang marinir, menurut New York Times.

Melansir The World, Sersan Wuterich dan delapan marinirnya didakwa sehubungan dengan insiden pada 21 Desember 2006, namun enam dakwaan dibatalkan dan satu orang dinyatakan tidak bersalah. Sersan. Wuterich juga akhirnya dinyatakan tidak bersalah atas pembunuhan berencana, CBS News melaporkan.

Setelah dibebaskan, Wuterich berbicara kepada anggota keluarga korban Irak.

“Saya ingin meyakinkan Anda bahwa pada hari itu, saya tidak pernah melakukan hal itu niat untuk menyakiti Anda atau keluarga Anda. Saya tahu Anda adalah korban sebenarnya dari 19 November 2005,” katanya, dilansir CBS.

Warga Haditha marah karena tidak satu pun dari delapan Marinir yang dihukum.

“Saya berharap pengadilan Amerika akan menjatuhkan hukuman penjara seumur hidup kepada orang ini dan dia akan tampil dan mengaku di depan seluruh dunia bahwa dia melakukan kejahatan ini, sehingga Amerika dapat menunjukkan dirinya sebagai negara yang demokratis dan adil,” salah satu korban selamat dari pembunuhan itu, kata Awis Fahmi Hussein kepada CBS.

5. Serangan Udara Azizabad, Afghanistan

5 Kekejaman Militer AS yang Tercatat dalam Sejarah

Foto/Reuters

Melansir The World, pada tanggal 22 Agustus 2008, warga sipil Afghanistan yang berkumpul di sebuah desa kecil untuk upacara peringatan seorang pemimpin milisi dibunuh oleh serangan udara oleh tentara AS dan Afghanistan, yang sedang melakukan operasi di daerah tersebut untuk mengejar komandan Taliban Mullah Siddiq, menurut Waktu New York.

Perkiraan korban dalam serangan udara tersebut sangat bervariasi antara 30 dan 90 orang, menurut laporan yang saling bertentangan dari pasukan Amerika, pekerja bantuan, penduduk desa setempat, dan laporan yang dibuat oleh pemerintah Afghanistan.

Pentagon menggambarkan serangan itu sebagai "serangan sah terhadap Taliban" dan mempertanyakan perkiraan jumlah korban yang diberikan oleh pemerintah Afghanistan dan dilaporkan oleh media. Militer AS pada awalnya menyangkal adanya korban sipil, namun kemudian mengakui setelah beredarnya video ponsel bahwa beberapa warga sipil mungkin telah terbunuh, dan mengumumkan bahwa mereka akan menyelidiki insiden tersebut.

Pada tahun 2009, Mohammad Nader, seorang warga desa dari Azizabad, dijatuhi hukuman mati karena memberikan informasi yang salah kepada tentara tentang lokasi Siddiq, Daily Telegraph melaporkan.

“Anda, Mohammad Nader, dijatuhi hukuman mati karena memata-matai pasukan asing dan memberikan informasi salah yang menyebabkan kematian warga sipil,” kata hakim Qazi Mukaram, menurut Telegraph.

“AS masih perlu mengubah kebijakan dan praktik serangan udaranya untuk mengakhiri serangkaian serangan yang telah menyebabkan begitu banyak korban jiwa warga sipil,” kata Brian Adams, kepala divisi Asia Human Rights Watch, yang meluncurkan penyelidikannya sendiri terhadap serangan tersebut. serangan. “Jika tidak, rencana kedatangan 20-30.000 tentara tambahan di Afghanistan dapat menyebabkan kematian warga sipil yang lebih besar, bukan lebih sedikit.”

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1305 seconds (0.1#10.140)