5 Kekejaman Militer AS yang Tercatat dalam Sejarah

Senin, 22 Januari 2024 - 20:40 WIB
loading...
A A A
Melansir The World, pada tanggal 22 Agustus 2008, warga sipil Afghanistan yang berkumpul di sebuah desa kecil untuk upacara peringatan seorang pemimpin milisi dibunuh oleh serangan udara oleh tentara AS dan Afghanistan, yang sedang melakukan operasi di daerah tersebut untuk mengejar komandan Taliban Mullah Siddiq, menurut Waktu New York.

Perkiraan korban dalam serangan udara tersebut sangat bervariasi antara 30 dan 90 orang, menurut laporan yang saling bertentangan dari pasukan Amerika, pekerja bantuan, penduduk desa setempat, dan laporan yang dibuat oleh pemerintah Afghanistan.

Pentagon menggambarkan serangan itu sebagai "serangan sah terhadap Taliban" dan mempertanyakan perkiraan jumlah korban yang diberikan oleh pemerintah Afghanistan dan dilaporkan oleh media. Militer AS pada awalnya menyangkal adanya korban sipil, namun kemudian mengakui setelah beredarnya video ponsel bahwa beberapa warga sipil mungkin telah terbunuh, dan mengumumkan bahwa mereka akan menyelidiki insiden tersebut.

Pada tahun 2009, Mohammad Nader, seorang warga desa dari Azizabad, dijatuhi hukuman mati karena memberikan informasi yang salah kepada tentara tentang lokasi Siddiq, Daily Telegraph melaporkan.

“Anda, Mohammad Nader, dijatuhi hukuman mati karena memata-matai pasukan asing dan memberikan informasi salah yang menyebabkan kematian warga sipil,” kata hakim Qazi Mukaram, menurut Telegraph.

“AS masih perlu mengubah kebijakan dan praktik serangan udaranya untuk mengakhiri serangkaian serangan yang telah menyebabkan begitu banyak korban jiwa warga sipil,” kata Brian Adams, kepala divisi Asia Human Rights Watch, yang meluncurkan penyelidikannya sendiri terhadap serangan tersebut. serangan. “Jika tidak, rencana kedatangan 20-30.000 tentara tambahan di Afghanistan dapat menyebabkan kematian warga sipil yang lebih besar, bukan lebih sedikit.”

(ahm)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1587 seconds (0.1#10.140)