2 Tentara Pasukan Khusus AS yang Hilang saat Membajak Kapal Iran Dinyatakan Tewas

Senin, 22 Januari 2024 - 09:02 WIB
loading...
A A A
Pada 11 Januari, para personel Navy SEAL berada di USS Lewis B Puller—kapal ekspedisi Angkatan Laut—dan melakukan perjalanan dengan kapal tempur operasi khusus kecil yang digerakkan oleh awak khusus untuk sampai pada kapal yang jadi target.

Saat mereka menaikinya di laut yang ganas, sekitar pukul 20.00 malam waktu setempat, salah satu tentara Navy SEAL terlempar akibat gelombang tinggi dan rekan satu timnya mengejarnya. Keduanya pun hilang.

AS tidak menjelaskan apakah aksi pasukan khusus itu terkait dengan operasi terhadap kelompok Houthi Yaman.

AS dalam beberapa pekan ini telah melakukan serangkaian serangan terhadap target-target kelompok Houthi di Yaman sebagai tanggapan atas serangan kelompok itu terhadap kapal-kapal dagang di Laut Merah.

Aksi Houthi, yang diklaim menargetkan kapal-kapal yang terkait dengan Israel sebagai pembelaan terhadap rakyat Palestina di Gaza, telah mengganggu perdagangan global dan menimbulkan kekhawatiran akan kemacetan pasokan.

Pasukan Komando Pusat AS pada Sabtu pekan lalu kembali menyerang rudal-rudal anti-kapal Houthi yang ditujukan ke Teluk Aden dan bersiap untuk diluncurkan.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1652 seconds (0.1#10.140)