PM Israel Netanyahu Ngotot Menentang Pembentukan Negara Palestina, Ingin Kontrol Gaza

Minggu, 21 Januari 2024 - 12:51 WIB
loading...
A A A
Pemerintah Inggris menggambarkan komentar Netanyahu sebagai hal yang “mengecewakan”.

“Posisi Inggris sangat jelas. Solusi dua negara, dengan negara Palestina yang hidup dan berdaulat dan hidup berdampingan dengan Israel yang aman dan terjamin, adalah jalan terbaik menuju perdamaian abadi," kata pemerintah.

AS telah berulang kali mengatakan bahwa pembentukan Negara Palestina merdeka adalah satu-satunya jalan untuk membangun kembali Gaza dan memastikan keamanan jangka panjang Israel.

Para kritikus mengatakan perselisihan tersebut terbukti menjadi pengalih perhatian dari meningkatnya ketegangan dalam negeri mengenai terbatasnya pencapaian kampanye Israel di Gaza selama tiga bulan setelah perang, penderitaan lebih dari 100 warga Israel yang masih disandera oleh Hamas, dan kurangnya rencana jangka panjang untuk memerintah daerah kantong Palestina tersebut.

“Perang ini tidak memiliki tujuan dan masa depan, namun memperpanjangnya adalah cara [Netanyahu] menunda keterlibatan dengan pertanyaan tentang tanggung jawab,” tulis surat kabar Haaretz mengutip pernyataan seorang anggota kabinet Israel.

Setelah lebih dari tiga bulan, serangan Israel telah menewaskan hampir 25.000 warga Palestina, sebagian besar adalah wanita dan anak-anak, menyebabkan hampir 2 juta orang mengungsi dan membuat sebagian besar wilayah Gaza menjadi reruntuhan. Kelaparan dan penyakit mengintai kamp-kamp dan tempat penampungan yang penuh sesak.

Namun pasukan Israel belum menangkap atau membunuh satu pun pemimpin utama Hamas di Gaza. Sebaliknya, Hamas baru-baru ini meluncurkan rentetan roket dari Gaza utara, tempat Israel mengeklaim kontrolnya.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1408 seconds (0.1#10.140)