4 Negara yang Sedang Perang Proksi Lawan Iran dan 5 Titik Konflik

Jum'at, 19 Januari 2024 - 18:15 WIB
loading...
4 Negara yang Sedang Perang Proksi Lawan Iran dan 5 Titik Konflik
Pejuang Houthi berpawai di Sanaa, Yaman, pada 21 September 2021. Foto/REUTERS
A A A
TEHERAN - Perang proxy (proksi) adalah perang yang melibatkan dua pihak atau lebih, tetapi tidak secara langsung bertarung satu sama lain.

Sebaliknya, mereka menggunakan pihak ketiga, seperti kelompok bersenjata atau milisi, untuk berperang atas nama kepentingan mereka.

Perang Proksi


Iran telah terlibat dalam beberapa perang proksi dengan berbagai negara di Timur Tengah. Berikut adalah daftar negara yang terlibat perang proksi dengan Iran:

1. Arab Saudi


Arab Saudi adalah musuh bebuyutan Iran di Timur Tengah. Kedua negara memiliki kepentingan yang saling bertentangan di wilayah tersebut, termasuk persaingan untuk pengaruh atas negara-negara Arab.

Arab Saudi telah mendukung berbagai kelompok bersenjata yang memerangi Iran, termasuk kelompok Houthi di Yaman, dan kelompok pemberontak Sunni di Suriah.

Namun hubungan Arab Saudi dan Iran membaik setelah kedua negara menjalin kesepakatan normalisasi hubungan yang dimediasi China.

Kesepakatan itu telah meredam sejumlah perang proksi antara Arab Saudi dan Iran saat ini.

Meski demikian, tidak tertutup kemungkinan perang proksi masih berlanjut antara kedua negara dengan intensitas yang lebih rendah.

2. Israel


Iran dan Israel juga memiliki hubungan yang tegang. Iran telah mengancam Israel dengan kekuatan militer, dan Israel telah melancarkan serangan udara terhadap fasilitas nuklir Iran.

Teheran juga diduga telah mendukung kelompok-kelompok bersenjata Palestina yang memerangi Israel, termasuk Hamas dan Jihad Islam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1873 seconds (0.1#10.140)