Drone Pasukan Israel Bunuh Mantan Tentara yang Melintas ke Gaza

Selasa, 16 Januari 2024 - 21:15 WIB
loading...
A A A
Ini bukan kasus pertama warga Israel dibunuh oleh tentara mereka sendiri. Sejak Israel memulai serangan brutal terhadap warga Palestina di Gaza pada tanggal 7 Oktober, sejumlah insiden dilaporkan oleh tentara di mana tentara dan sandera yang dibawa Hamas terbunuh dalam apa yang disebut sebagai ‘tembakan persahabatan’.

Laporan yang diterbitkan Haaretz pada November mengungkapkan satu helikopter tentara Israel menembaki para pengunjung festival di dekat Kibbutz Re’im pada tanggal 7 Oktober karena yakin para pejuang Palestina termasuk di antara mereka.

Berdasarkan arahan atau protokol Hannibal tentara Israel, tentara diperbolehkan menggunakan kekuatan maksimum untuk mencegah penculikan warga Israel.

Israel diyakini telah menerapkan arahan tersebut beberapa kali sejak 7 Oktober, menewaskan banyak warganya sendiri termasuk tentara dan warga sipil yang diculik pejuang Palestina.

Israel telah melancarkan serangan militer tanpa henti dan membabi buta terhadap warga Palestina di Jalur Gaza sejak serangan lintas batas yang dilakukan Gerakan Perlawanan Islam.

Negara apartheid kolonial itu telah membunuh 24.000 warga sipil Palestina dan melukai lebih dari 60.000 orang lainnya, menurut otoritas kesehatan setempat.

Sekitar 1.200 tentara Israel dan beberapa warga sipil diyakini tewas dalam serangan Hamas, banyak di antaranya akibat serangan tank dan helikopter tempur pasukan Israel.

Sekitar 240 warga Israel disandera Hamas. Sekitar 130 orang ditukar dengan ratusan warga Palestina yang ditahan di penjara-penjara Israel selama jeda sementara pemboman pada akhir November.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1759 seconds (0.1#10.140)