Seteru Makin Memanas, Rudal Balistik Houthi Hantam Kapal AS

Selasa, 16 Januari 2024 - 07:15 WIB
loading...
A A A
Badan Operasi Perdagangan Maritim Inggris (UKMTO) mengatakan sebuah kapal terkena rudal dari jarak 95 mil laut tenggara Aden, tanpa mengidentifikasi kapal tersebut.

Ambrey mengatakan tiga rudal dilaporkan diluncurkan oleh Houthi, dua tidak mencapai laut dan yang ketiga menghantam kapal tersebut.

Ambrey menambahkan bahwa dampak tersebut dilaporkan menyebabkan kebakaran di ruang tunggu, namun kapal curah tersebut tetap layak berlayar dan tidak ada korban luka di dalamnya.

Kapal tersebut, kata Ambrey, tidak berafiliasi dengan Israel.

Namuan Houthi telah menegaskan bahwa serangan sekarang juga menyasar kepentingan AS sebagai respons terhadap serangan baru-baru ini terhadap target-target militernya di Yaman.

Serangan terbaru ini menunjukkan bahwa meskipun ada serangan dari AS, kelompok Houthi tampaknya tidak terpengaruh.

Pada Senin malam, ledakan terdengar di dekat bandara Hodeidah Yaman. Namun Hodeidah terletak agak jauh dari Aden, dan belum jelas apa penyebab ledakan tersebut.

Kelompok Houthi, yang menguasai Ibu Kota Yaman; Sanaa dan sebagian besar wilayah barat dan utara Yaman, telah bersumpah untuk melanjutkan serangan di Laut Merah sejak serangan Amerika dan Inggris.

Pemimpin kelompok tersebut, Abdel-Malek al-Houthi, mengatakan pada hari Kamis dalam pidatonya di televisi bahwa setiap serangan AS terhadap Yaman tidak akan dibiarkan tanpa tanggapan.

Militer AS mengatakan pada hari Minggu bahwa jet tempur AS menembak jatuh rudal jelajah anti-kapal yang ditembakkan Houthi ke arah kapal perang USS Laboon di Laut Merah bagian selatan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1095 seconds (0.1#10.140)