Jalankan 'Misi Suci', Pesawat Pembom China Mengitari Taiwan

Kamis, 19 April 2018 - 17:46 WIB
Jalankan Misi Suci, Pesawat Pembom China Mengitari Taiwan
Jalankan 'Misi Suci', Pesawat Pembom China Mengitari Taiwan
A A A
BEIJING - Pesawat-pesawat China kembali terbang di sekitar Taiwan dalam apa yang disebut sebagai "Misi Suci" oleh Angkatan Udara Beijing. Sebelumnya, Taiwan mengecam latihan tembak China di Selat Taiwan sebagai sebuah kebijakan intimidasi militer.

Taiwan diklaim oleh Beijing sebagai wilayah China. Wilayah berbentuk pulau itu salah satu isu China yang paling sensitif dan berpotensi menjadi titik api militer.

China telah meningkatkan latihan militer di Taiwan pada tahun lalu, termasuk melibatkan pesawat pembom dan pesawat militer lainnya di sekitar pulau itu.

Dalam sebuah pernyataan di microblognya, Angkatan Udara Cina mengatakan pesawat pembom H-6K "baru-baru ini" telah berpatroli di sekitar Taiwan.

"Ibu pertiwi ada di dalam hati kami, dan pulau permata berada di dada ibu pertiwi," kata kapten H-6K, Zhai Peisong, sebagaimana dikutip dalam pernyataan itu, menggunakan nama lain untuk Taiwan.

"Mempertahankan sungai dan pegunungan yang indah di ibu pertiwi adalah misi suci pilot angkatan udara," imbuh pernyataan itu seperti dikutip dari Reuters, Kamis (19/4/2018).

Kementerian Pertahanan Taiwan mengatakan dua pesawat pembom H-6K China telah terbang di sekitar pulau itu pada Rabu sore, melewati Selat Miyako, ke timur laut Taiwan, kemudian kembali ke pangkalan melalui Bashi Channel antara Taiwan dan Filipina.

Pada Rabu malam, media pemerintah Cina mengatakan militer juga telah melakukan latihan militer dengan helikopter di sepanjang pantai tenggaranya setelah peringatan yang semakin keras oleh Beijing untuk Taiwan agar mengikuti garis kebijakan, meskipun latihan itu lebih ringan daripada yang telah digambarkan oleh media pemerintah.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4913 seconds (0.1#10.140)