10 Negara Terlibat Serangan AS dan Inggris di Yaman, Siapa Saja?

Sabtu, 13 Januari 2024 - 08:45 WIB
loading...
10 Negara Terlibat Serangan AS dan Inggris di Yaman, Siapa Saja?
Ledakan terlihat akibat serangan AS dan Inggris di Yaman. Foto/X/@ftvhope
A A A
WASHINGTON - Gedung Putih mengeluarkan pernyataan bersama yang menyebut 10 negara yang terlibat dalam serangan Amerika Serikat (AS) dan Inggris di Yaman. Siapa saja mereka?

Dalam penjelasannya, Gedung Putih menyebut pernyataan bersama dari pemerintah Australia, Bahrain, Kanada, Denmark, Jerman, Belanda, Selandia Baru, Korea Selatan (Korsel), Inggris, dan Amerika Serikat yang mengatakan mereka “tidak akan ragu untuk membela nyawa dan melindungi arus bebas perdagangan di salah satu jalur perairan paling kritis di dunia”.

“Menanggapi berlanjutnya serangan Houthi yang ilegal, berbahaya, dan mengganggu stabilitas terhadap kapal-kapal, termasuk pelayaran komersial, yang transit di Laut Merah, angkatan bersenjata Amerika Serikat dan Inggris, dengan dukungan dari Belanda, Kanada, Bahrain, dan Australia, melakukan serangan gabungan sesuai dengan hak yang melekat pada pertahanan diri individu dan kolektif, sesuai dengan Piagam PBB, terhadap sejumlah sasaran di wilayah Yaman yang dikuasai Houthi,” ungkap pernyataan Gedung Putih.

Gedung Putih menambahkan, “Serangan presisi ini dimaksudkan untuk mengganggu dan menurunkan kemampuan yang digunakan Houthi untuk mengancam perdagangan global dan kehidupan pelaut internasional di salah satu jalur perairan paling penting di dunia.”

Selanjutnya dikatakan, “Tindakan hari ini menunjukkan komitmen bersama terhadap kebebasan navigasi, perdagangan internasional, dan membela kehidupan pelaut dari serangan ilegal dan tidak dapat dibenarkan.”



Pernyataan tersebut diakhiri dengan menegaskan, “Tujuannya tetap untuk meredakan ketegangan, namun negara-negara yang bersatu juga akan melindungi kehidupan dan arus bebas perdagangan.”

“Tujuan kami tetap untuk meredakan ketegangan dan memulihkan stabilitas di Laut Merah, namun pesan kami tetap jelas: kami tidak akan ragu untuk membela kehidupan dan melindungi arus bebas perdagangan di salah satu jalur perairan paling kritis di dunia dalam menghadapi krisis yang berkelanjutan,” ungkap Gedung Putih.

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin telah merilis pernyataan mengenai serangan tersebut. Dia mengatakan AS siap mengambil tindakan “lanjutan” untuk melindungi pasukan AS, menurut laporan Reuters.

“Serangan hari ini menargetkan situs-situs yang terkait dengan kendaraan udara tak berawak, rudal balistik dan jelajah Houthi, serta radar pesisir dan kemampuan pengawasan udara,” papar Austin.

Dia menegaskan, “Amerika Serikat mempertahankan haknya membela diri dan, jika perlu, kami akan mengambil tindakan lanjutan untuk melindungi pasukan AS.”

Austin berada di rumah sakit karena komplikasi operasi. Belum dijelaskan lebih rinci tentang kondisi kesehatannya terbaru.
(sya)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1063 seconds (0.1#10.140)