Kenapa Maladewa Lebih Pilih China Dibandingkan India?

Kamis, 11 Januari 2024 - 22:50 WIB
loading...
Kenapa Maladewa Lebih Pilih China Dibandingkan India?
Maladewa lebih memilih China dibandingkan India. Foto/Reuters
A A A
MALE - Di kafe-kafe dan restoran-restoran yang berjejer di jalan-jalan sempit di Male, ibu kota Maladewa , topik hangat yang dibicarakan adalah bagaimana perselisihan dengan India menjadi tidak terkendali – dan apa reaksi Delhi terhadap hal itu.

Menyusul komentar “menghina” yang dibuat oleh tiga menteri muda Maladewa terhadap Perdana Menteri India Narendra Modi, surga pariwisata ini terancam diboikot oleh wisatawan India – yang merupakan salah satu penyumbang pendapatan terbesar negara tersebut.

Orang India adalah kelompok wisatawan terbesar berdasarkan kebangsaan yang mengunjungi Maladewa tahun lalu. Pariwisata menyumbang hampir sepertiga perekonomian negara.

Para menteri, yang telah diberhentikan sementara, menyebut Modi sebagai "badut", "teroris", dan "boneka Israel" di media sosial.

Komentar tersebut memicu kemarahan dan seruan boikot terhadap Maladewa di media sosial India.

Postingan kontroversial tersebut dihapus menyusul keributan tersebut dan Kementerian Luar Negeri Maladewa mengeluarkan pernyataan yang mengatakan bahwa komentar yang dibuat oleh para menteri tersebut bersifat pribadi dan tidak mewakili pandangan pemerintah.

Maladewa terdiri dari sekitar 1.200 pulau karang dan atol yang terletak di tengah Samudera Hindia. Kepulauan ini memiliki populasi sekitar 520.000 jiwa dibandingkan India yang berpenduduk 1,4 miliar jiwa.

Sebagai negara kepulauan kecil, negara ini bergantung pada tetangganya, India, untuk sebagian besar pangan, pembangunan infrastruktur, dan kemajuan teknologi.

Beberapa warga di Male mengaku khawatir pertikaian diplomatik tersebut dapat menghambat hubungan kedua negara.

"Kami kecewa dengan seruan boikot [dari India]. Namun kami lebih kecewa dengan pemerintah kami. Kurangnya penilaian yang baik dari pihak pejabat kami", Mariyam Eem Shafeeg, seorang mahasiswa di Universitas Nasional Maladewa mengatakan kepada BBC.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1407 seconds (0.1#10.140)