10 Hal yang Ditakutkan Rakyat AS pada 2024

Kamis, 11 Januari 2024 - 20:20 WIB
loading...
A A A
Janji Biden bahwa AS akan tetap mendukung Ukraina “selama diperlukan” tidak pernah terlihat lebih goyah. Partai Republik menghalangi janjinya sebesar $60 miliar untuk bantuan militer baru yang sangat dibutuhkan Ukraina setelah serangan yang telah direncanakan sejak lama terhenti dalam pertempuran berdarah ala Perang Dunia Pertama karena gesekan.

4. Timur Tengah berada di ambang kehancuran

10 Hal yang Ditakutkan Rakyat AS pada 2024

Bisakah pemerintahan Biden menghentikan perang di Gaza agar tidak meluas menjadi konflik regional? Dan akankah Israel menghancurkan Hamas sebelum benar-benar menghancurkan reputasinya di luar negeri di tengah pembantaian warga sipil Palestina? Dan berapa lama pemerintahan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu yang dilanda skandal dapat bertahan mengingat ia menjanjikan keamanan bagi Israel sebelum salah satu hari paling kelam di Israel terjadi?

Pertanyaan-pertanyaan ini muncul di tengah konflik yang dipicu oleh serangan teror Hamas di Israel pada bulan Oktober. Ketegangan ekstrim meningkat dari Samudera Hindia, melalui Laut Merah dan di seluruh kawasan, dengan pasukan dan kapal AS berada di garis tembak ketika kelompok proksi Iran di Yaman, Gaza dan Lebanon berupaya menekan Israel dan kekuatan AS.

5. Realitas geopolitik baru

10 Hal yang Ditakutkan Rakyat AS pada 2024

Foto/Reuters

Tahun 2024 akan memperdalam keselarasan global yang baru. AS dan sekutunya menghadapi front yang longgar namun semakin terkoordinasi antara Rusia, China, Iran, dan Korea Utara, yang semuanya memiliki kepentingan berbeda namun memiliki tujuan yang sama untuk mengikis kekuatan AS.

Berbagai permutasi dari afiliasi ini membentuk konflik di Ukraina dan Timur Tengah dan perlombaan sedang berlangsung antara Barat dan musuh-musuhnya untuk mendapatkan pengaruh dengan negara-negara berkembang “global selatan” karena China secara khusus berupaya untuk menggagalkan aturan dan kebiasaan Amerika yang telah lama ada. -memimpin tatanan global.

Pergeseran kondisi geopolitik ini berarti bahwa setiap krisis global kini menjadi ujian bagi kredibilitas AS dan kekuatan Biden – sama seperti Partai Republik yang berusaha menggambarkannya sebagai pemimpin yang lemah dan lamban menjelang pemilu tahun 2024.

6. Imigrasi mengacaukan pemerintahan di kedua sisi Atlantik

10 Hal yang Ditakutkan Rakyat AS pada 2024

Foto/Reuters

Melansir CNN, arus migran tidak berdokumen menyerang hampir setiap negara maju. Mulai dari tingginya gelombang pengungsi di perbatasan selatan AS hingga rencana Inggris yang gagal untuk mendeportasi para migran yang melintasi Selat Inggris dengan perahu kecil ke Rwanda, imigrasi menimbulkan dampak politik yang beracun.

Namun perpecahan ideologi yang sengit di kedua sisi Atlantik berarti reformasi yang efektif untuk mengatasi migrasi tidak berdokumen, fasilitas perbatasan yang kewalahan, dan sistem suaka yang disalahgunakan pada dasarnya tidak mungkin dilakukan.

Upaya global yang sangat diperlukan untuk memerangi penyebab eksodus massal – seperti perubahan iklim, perang, negara-negara gagal, ekstremisme politik, dan kehancuran ekonomi – berada di luar kemampuan pemerintah yang lemah. Dan situasi yang memburuk ini berada di tangan kelompok ekstremis seperti Trump dan para pemimpin sayap kanan di Eropa seperti pemenang pemilu Belanda baru-baru ini, Geert Wilders, yang melakukan demagog terhadap imigrasi dan pihak luar serta menjadikan solusi politik semakin sulit dilakukan.

7. Akankah Perang Dingin AS-China kembali memanas?

10 Hal yang Ditakutkan Rakyat AS pada 2024

Foto/Reuters

Biden dan Presiden China Xi Jinping setidaknya sepakat untuk menghentikan ketegangan yang berbahaya agar tidak bertambah buruk pada pertemuan puncak mereka di California pada bulan November. Namun berbagai tekanan setiap hari merusak hubungan diplomatik paling kritis di dunia ini.

China menganggap upaya AS untuk menyeimbangkan kebangkitan negara adidayanya sebagai pengepungan dan upaya tidak sah untuk menumbangkan takdir China. Pertemuan yang melibatkan pasukan AS dan sekutu serta kapal dan pesawat China di Laut Cina Selatan dan Timur dapat berubah menjadi krisis besar kapan saja.

8. Memahami AI hanyalah langkah pertama

10 Hal yang Ditakutkan Rakyat AS pada 2024

Foto/Reuters
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0982 seconds (0.1#10.140)