10 Hal yang Ditakutkan Rakyat AS pada 2024

Kamis, 11 Januari 2024 - 20:20 WIB
loading...
10 Hal yang Ditakutkan Rakyat AS pada 2024
Rakyat AS menghadapi banyak dilema yang menakutkan pada 2024. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Amerika dan dunia mungkin akan terlihat sangat berbeda pada tanggal 1 Januari 2025, tergantung pada hasil dari serangkaian konflik, pemilu global yang penting, dan kekuatan geopolitik yang akan menciptakan momen-momen penting di tahun mendatang.

Perlombaan menuju Gedung Putih akan kembali mempertaruhkan demokrasi di Amerika Serikat . Dan Donald Trump bukanlah satu-satunya populis sayap kanan yang bangkit kembali; gerakan ini juga sedang terjadi di Eropa. Perang di Ukraina dan Gaza berisiko menimbulkan dampak yang lebih luas, sementara stabilitas ekonomi dan politik terancam oleh arus migrasi besar-besaran, ketakutan akan resesi, dan dampak perubahan iklim yang semakin luas. Dalam sebagian besar permasalahan, pemerintahan yang demokratis dan terlalu berkuasa kesulitan untuk menunjukkan kepada pemilihnya bahwa mereka punya jawabannya.

Dunia tidak berubah hanya karena kalender berpindah dari satu tahun ke tahun berikutnya. Namun mengingat banyaknya peristiwa yang kita tahu akan terjadi tahun ini – serta semua hal yang tidak diketahui, tahun Olimpiade 2024 dapat menandai titik balik dalam sejarah abad ke-21.

10Hal yang Ditakutkan Rakyat AS pada 2024

1. Pemilu AS yang penting

10 Hal yang Ditakutkan Rakyat AS pada 2024

Foto/Reuters

Melansir CNN, kejutan global yang paling dapat diperkirakan pada tahun 2024 adalah terpilihnya Trump, yang akan menjadi presiden AS kedua yang memenangkan masa jabatan tidak berturut-turut. Mantan presiden tersebut telah secara terbuka mengatakan kepada kita bahwa ia bermaksud untuk menguji demokrasi AS dan tatanan global yang dipimpin Amerika.

Calon presiden Partai Republik ini bersumpah akan menggunakan otoritas kepresidenan untuk melampiaskan “retribusi” kepada musuh-musuhnya dan memberantas birokrasi untuk menjadikan pemerintah sebagai instrumen kekuasaan pribadinya. Saat ini, perbandingan dengan Nazi sudah berlebihan, namun retorika Trump – termasuk pelabelannya terhadap lawan politik sebagai “hama” dan peringatan bahwa imigran akan mencemari darah Amerika – mengingatkan kita pada penghasutan tahun 1930-an dan berpotensi menjadi presiden Amerika yang paling ekstrim.


2. Mahkamah Agung menjadi sorotan

10 Hal yang Ditakutkan Rakyat AS pada 2024

Foto/Reuters

Setelah bertahun-tahun popularitasnya anjlok menyusul keputusan-keputusan sayap kanan yang dikeluarkan oleh mayoritas konservatif, termasuk pencabutan hak konstitusional federal untuk melakukan aborsi, pengadilan tersebut semakin terseret ke dalam dunia politik.

Para hakim kemungkinan akan menghadapi skenario buruk dalam memutuskan isu-isu yang memecah belah, termasuk langkah-langkah baru-baru ini yang dilakukan oleh Colorado dan Maine yang membuat Trump tidak memenuhi syarat untuk mengikuti pemilu karena larangan terhadap “pemberontak” dalam Amandemen ke-14.

Pengadilan juga dapat diminta untuk mengadili klaim Trump bahwa semua tindakannya – bahkan upayanya untuk menggagalkan hasil pemilu tahun 2020 – dilindungi oleh kekebalan presiden. Mengingat keterasingan negara tersebut, dan penolakan Trump untuk menerima hasil pemilu, tidak mengherankan jika pengadilan terlibat dalam pemungutan suara tahun ini di bulan November.

3. Tahun yang menentukan bagi Ukraina

10 Hal yang Ditakutkan Rakyat AS pada 2024

Foto/Reuters

Akankah ini menjadi tahun dimana negara-negara Barat meninggalkan Ukraina dan memberi penghargaan kepada Putin atas barbarisme yang ditegaskan oleh serangan udara baru terhadap warga sipil dalam beberapa hari terakhir?

Janji Biden bahwa AS akan tetap mendukung Ukraina “selama diperlukan” tidak pernah terlihat lebih goyah. Partai Republik menghalangi janjinya sebesar $60 miliar untuk bantuan militer baru yang sangat dibutuhkan Ukraina setelah serangan yang telah direncanakan sejak lama terhenti dalam pertempuran berdarah ala Perang Dunia Pertama karena gesekan.

4. Timur Tengah berada di ambang kehancuran

10 Hal yang Ditakutkan Rakyat AS pada 2024

Bisakah pemerintahan Biden menghentikan perang di Gaza agar tidak meluas menjadi konflik regional? Dan akankah Israel menghancurkan Hamas sebelum benar-benar menghancurkan reputasinya di luar negeri di tengah pembantaian warga sipil Palestina? Dan berapa lama pemerintahan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu yang dilanda skandal dapat bertahan mengingat ia menjanjikan keamanan bagi Israel sebelum salah satu hari paling kelam di Israel terjadi?

Pertanyaan-pertanyaan ini muncul di tengah konflik yang dipicu oleh serangan teror Hamas di Israel pada bulan Oktober. Ketegangan ekstrim meningkat dari Samudera Hindia, melalui Laut Merah dan di seluruh kawasan, dengan pasukan dan kapal AS berada di garis tembak ketika kelompok proksi Iran di Yaman, Gaza dan Lebanon berupaya menekan Israel dan kekuatan AS.

5. Realitas geopolitik baru

10 Hal yang Ditakutkan Rakyat AS pada 2024

Foto/Reuters

Tahun 2024 akan memperdalam keselarasan global yang baru. AS dan sekutunya menghadapi front yang longgar namun semakin terkoordinasi antara Rusia, China, Iran, dan Korea Utara, yang semuanya memiliki kepentingan berbeda namun memiliki tujuan yang sama untuk mengikis kekuatan AS.

Berbagai permutasi dari afiliasi ini membentuk konflik di Ukraina dan Timur Tengah dan perlombaan sedang berlangsung antara Barat dan musuh-musuhnya untuk mendapatkan pengaruh dengan negara-negara berkembang “global selatan” karena China secara khusus berupaya untuk menggagalkan aturan dan kebiasaan Amerika yang telah lama ada. -memimpin tatanan global.

Pergeseran kondisi geopolitik ini berarti bahwa setiap krisis global kini menjadi ujian bagi kredibilitas AS dan kekuatan Biden – sama seperti Partai Republik yang berusaha menggambarkannya sebagai pemimpin yang lemah dan lamban menjelang pemilu tahun 2024.

6. Imigrasi mengacaukan pemerintahan di kedua sisi Atlantik

10 Hal yang Ditakutkan Rakyat AS pada 2024

Foto/Reuters

Melansir CNN, arus migran tidak berdokumen menyerang hampir setiap negara maju. Mulai dari tingginya gelombang pengungsi di perbatasan selatan AS hingga rencana Inggris yang gagal untuk mendeportasi para migran yang melintasi Selat Inggris dengan perahu kecil ke Rwanda, imigrasi menimbulkan dampak politik yang beracun.

Namun perpecahan ideologi yang sengit di kedua sisi Atlantik berarti reformasi yang efektif untuk mengatasi migrasi tidak berdokumen, fasilitas perbatasan yang kewalahan, dan sistem suaka yang disalahgunakan pada dasarnya tidak mungkin dilakukan.

Upaya global yang sangat diperlukan untuk memerangi penyebab eksodus massal – seperti perubahan iklim, perang, negara-negara gagal, ekstremisme politik, dan kehancuran ekonomi – berada di luar kemampuan pemerintah yang lemah. Dan situasi yang memburuk ini berada di tangan kelompok ekstremis seperti Trump dan para pemimpin sayap kanan di Eropa seperti pemenang pemilu Belanda baru-baru ini, Geert Wilders, yang melakukan demagog terhadap imigrasi dan pihak luar serta menjadikan solusi politik semakin sulit dilakukan.

7. Akankah Perang Dingin AS-China kembali memanas?

10 Hal yang Ditakutkan Rakyat AS pada 2024

Foto/Reuters

Biden dan Presiden China Xi Jinping setidaknya sepakat untuk menghentikan ketegangan yang berbahaya agar tidak bertambah buruk pada pertemuan puncak mereka di California pada bulan November. Namun berbagai tekanan setiap hari merusak hubungan diplomatik paling kritis di dunia ini.

China menganggap upaya AS untuk menyeimbangkan kebangkitan negara adidayanya sebagai pengepungan dan upaya tidak sah untuk menumbangkan takdir China. Pertemuan yang melibatkan pasukan AS dan sekutu serta kapal dan pesawat China di Laut Cina Selatan dan Timur dapat berubah menjadi krisis besar kapan saja.

8. Memahami AI hanyalah langkah pertama

10 Hal yang Ditakutkan Rakyat AS pada 2024

Foto/Reuters

Pemerintah akan mengintensifkan upaya tahun ini untuk mengatasi dampak sosial, ekonomi, ketenagakerjaan dan keamanan dari terobosan kecerdasan buatan seiring dengan semakin banyaknya perusahaan, militer global, dan kelompok non-negara yang berperang menguji bagaimana mereka dapat menggunakan teknologi baru yang menakjubkan ini.

Terobosan-terobosan semakin cepat dan sulit dipahami oleh banyak pejabat tinggi, sehingga menghambat prospek regulasi. Namun alternatifnya adalah menyerahkan industri ini dan dampaknya yang mengganggu stabilitas masyarakat ke tangan para pengembang dan pengusaha yang menyebarkan media sosial ke seluruh dunia tanpa memikirkan konsekuensinya.

9. Harapan terhadap perekonomian global

10 Hal yang Ditakutkan Rakyat AS pada 2024

Foto/Reuters

Saham-saham AS mengalami penurunan yang tidak terduga pada tahun lalu karena inflasi mereda dan penciptaan lapangan kerja tetap tinggi karena perekonomian AS berkinerja lebih kuat dibandingkan negara-negara lain di dunia. Jika Federal Reserve dapat melakukan soft landing dalam mengurangi kebijakan suku bunganya yang ketat, prospek terpilihnya kembali Biden bisa melonjak.

10. Krisis iklim melampaui upaya mitigasi

Melansir CNN, jika tren ini terus berlanjut, dunia akan menghadapi banjir besar, kebakaran hutan besar-besaran, badai besar, dan kekeringan selama satu tahun lagi.

Jika perubahan iklim menjadi semakin berbahaya, kemauan politik di banyak negara semakin berkurang untuk memenuhi target emisi yang telah ditetapkan karena kerugian yang harus ditanggung konsumen semakin jelas dan para oportunis politik melihat serangan terhadap kebijakan hijau liberal sebagai sebuah pemenang.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1122 seconds (0.1#10.140)