Agen MI6 Inggris Ditangkap di China

Senin, 08 Januari 2024 - 22:50 WIB
loading...
Agen MI6 Inggris Ditangkap di China
China menangkap agen MI6 asal Inggris. Foto/Reuters
A A A
BEIJING - China menangkap seorang agen rahasia Badan Intelijen Rahasia Inggris (MI6) yang mengumpulkan data sensitif.

Kementerian Keamanan Nasional China, yang mengawasi intelijen dan kontra intelijen, mengatakan bahwa badan mata-mata Inggris menggunakan personel dari negara ketiga untuk melakukan spionase terhadap China.

Kementerian Keamanan Nasional mengidentifikasi tersangka pelakunya adalah Huang Moumou, yang dikatakan mengepalai sebuah lembaga konsultan di luar negeri, namun tidak memberikan rincian pribadi lebih lanjut. "MI6 merekrut Huang pada tahun 2015 dan menjalin hubungan kerja sama intelijen dengannya," klaim Kementerian Keamanan Nasional, dilansir RT.

Sejak itu, tersangka mata-mata tersebut melakukan perjalanan ke China beberapa kali atas arahan intelijen Inggris untuk mengumpulkan rahasia negara dan mengidentifikasi personel MI6 untuk “menghasut pemberontakan.” Kementerian Keamanan Nasional menambahkan bahwa London juga memberi Huang pelatihan intelijen di Inggris dan tempat lain, dan memberinya peralatan mata-mata khusus.



Kementerian Keamanan Nasional menyatakan bahwa mereka telah “menemukan bukti kriminal” terhadap tersangka dan mengambil “tindakan pemaksaan pidana,” dan menambahkan bahwa Huang memberi Inggris lebih dari puluhan data rahasia negara.

Meskipun negara-negara Barat dan China secara rutin saling bertukar tuduhan spionase, beberapa media menyatakan bahwa ini adalah pertama kalinya Beijing mengklaim telah menangkap mata-mata yang memiliki hubungan dengan Inggris.

Namun, kementerian sebelumnya mengklaim telah menangkap mata-mata yang bertindak atas nama AS. Pada bulan Agustus, dalam dua kesempatan terpisah, mereka menuduh seorang pegawai pemerintah dan seorang pegawai kelompok industri militer China berusaha menyerahkan data sensitif kepada CIA.

Hal ini terjadi setelah Direktur CIA William Burns mengatakan pada bulan Juli bahwa AS telah “membuat kemajuan” dalam beberapa tahun terakhir untuk memastikan mereka memiliki “kemampuan intelijen manusia yang kuat” di China. Sebagai tanggapan, Beijing berjanji untuk “mengambil semua tindakan yang diperlukan untuk menjaga keamanan nasional.”

Menurut investigasi New York Times pada tahun 2017, pemerintah China membongkar jaringan mata-mata CIA pada awal tahun 2010-an, memenjarakan atau membunuh puluhan informan yang bekerja untuk AS. Beijing tidak membenarkan atau membantah laporan tersebut, namun mengatakan pihaknya secara rutin menangani aktivitas yang membahayakan keamanan nasional.

Badan intelijen MI5 Inggris memperingatkan pada bulan Oktober tentang “skala besar” spionase China, dengan mengatakan bahwa lebih dari 20.000 orang di Inggris telah didekati oleh agen yang berusaha memperoleh berbagai rahasia. China secara konsisten membantah bahwa mereka terlibat dalam kegiatan mata-mata terhadap AS dan Inggris.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0988 seconds (0.1#10.140)