Israel Kian Kuat, Skuadron Kedua Jet Siluman F-35-nya Siap Tempur

Selasa, 11 Agustus 2020 - 08:11 WIB
loading...
A A A
Didirikan pada tahun 1956, Skuadron ke-116 awalnya menerbangkan P-51D Mustang di Tel Nof dan pada awalnya dikenal sebagai Skuadron "Sayap Terbang". (Baca juga: Jet Tempur Siluman F-35 Israel Picu Ledakan Sonik, Publik Panik )

Veteran Mustang telah melihat layanan dengan unit IAF lainnya, tetapi dilemparkan ke dalam aksi di Kampanye Sinai pada tahun yang sama. Ketika pertempuran dimulai pada 29 Oktober tahun itu, Mustang pertama kali melintasi perbatasan ke Mesir, bertugas memotong kabel telepon antara Sinai dan Kairo. Misi unik ini dilakukan dengan menggunakan kabel baja berbobot yang menjuntai dari ekor P-51. Setelah kabel Mustang putus, pilot menggunakan baling-baling dan sayap untuk menyelesaikan pekerjaan.

Mustang melanjutkan dengan unit—operator pesawat tempur mesin piston terakhir IAF—hingga awal 1961 ketika beralih ke Mystère IV bertenaga jet. Meskipun merupakan kemajuan monumental atas Mustang, pesawat tempur buatan Prancis ini juga merupakan warisan dari unit lain.

Skuadron tersebut sangat terlibat dalam Perang Enam Hari Juni 1967, dengan 269 serangan operasionalnya termasuk 49 serangan di pangkalan udara Arab.

Israel berencana untuk memasukkan setidaknya 50 model jet tempur siluman F-35I . Pesawat ini secara luas setara dengan F-35A, tetapi Israel memasukkan sebagian besar teknologi dan senjata buatannya sendiri.
(min)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1628 seconds (0.1#10.140)