Menhan Lloyd Austin Rawat Jatuh Sakit tapi Dirahasiakan, AS Gaduh

Minggu, 07 Januari 2024 - 11:11 WIB
loading...
Menhan Lloyd Austin Rawat Jatuh Sakit tapi Dirahasiakan, AS Gaduh
Menteri Pertahanan (Menhan) Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin jatuh sakit karena komplikasi setelah menjalani prosedur medis baru-baru ini. Namun, kondisi sakitnya dirahasiakan. Foto/REUTERS
A A A
WASHINGTON - Menteri Pertahanan (Menhan) Amerika Serikat (AS) Lloyd Austin jatuh sakit karena komplikasi setelah menjalani prosedur medis baru-baru ini. Namun, kondisi sakitnya dirahasiakan.

Austin mengatakan dalam sebuah pernyataan pada Sabtu (6/1/2024) bahwa dia mengambil "tanggung jawab penuh" atas kerahasiaan seputar rawat inapnya selama seminggu karena kondisi medis yang masih belum ditentukan.

Austin (70) dirawat di Walter Reed National Military Medical Center pada Hari Tahun Baru karena apa yang Pentagon katakan sebagai "komplikasi setelah prosedur medis elektif baru-baru ini"—sebuah fakta yang dirahasiakan oleh Departemen Pertahanan AS selama lima hari.

Pejabat tinggi Partai Republik di Komite Angkatan Bersenjata Senat, Senator Roger Wicker, menuduh Pentagon gagal memberi tahu Kongres segera tentang masalah tersebut, sebagaimana diwajibkan oleh undang-undang.



Namun tidak jelas seberapa luas informasi tersebut dibagikan dalam pemerintahan Presiden Joe Biden. Seorang pejabat AS, yang berbicara tanpa menyebut nama, mengatakan Presiden Biden baru diberitahu pada Kamis malam.

Meski begitu, Biden tetap mempertahankan kepercayaannya pada Austin dan keduanya berbicara pada Sabtu malam, kata pejabat kedua AS.

Austin berada tepat di bawah Biden di puncak rantai komando militer AS dan tugasnya mengharuskan dia hadir kapan saja untuk menanggapi segala bentuk krisis keamanan nasional.

Masih belum jelas sejauh mana tugasnya dilimpahkan kepada wakilnya, Kathleen Hicks, atau apakah Austin terlibat dalam pengambilan keputusan penting selama ketidakhadirannya.

Pentagon belum merinci mengapa Austin dirawat, apakah dia kehilangan kesadaran selama seminggu terakhir atau memberikan rincian kapan dia mungkin keluar dari rumah sakit.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1152 seconds (0.1#10.140)