AS Sudah Tak Sanggup Pasok Rudal Patriot ke Ukraina Lebih Lama Lagi

Minggu, 07 Januari 2024 - 09:39 WIB
loading...
AS Sudah Tak Sanggup Pasok Rudal Patriot ke Ukraina Lebih Lama Lagi
Amerika Serikat sudah tak sanggup memasok rudal untuk sistem pertahanan Patriot Ukraina lebih lama lagi karena biayanya sangat mahal. Foto/REUTERS
A A A
KYIV - Amerika Serikat (AS) telah memperingatkan Ukraina bahwa mereka tidak akan sanggup memasok rudal untuk sistem pertahanan udara Patriot ke Kyiv lebih lama lagi.

Peringatan itu disampaikan para pejabat Gedung Putih dan Pentagon yang dikutip The New York Times.

Sistem pertahanan udara yang disediakan AS telah membantu Ukraina dalam memperkuat pertahanannya terhadap serangan Rusia, khususnya mencegat rudal balistik yang mencapai Kyiv dalam beberapa menit.

Sistem pertahanan Patriot, khususnya, berhasil menangkis serangan rudal Rusia pada pagi hari di Ibu Kota Ukraina; Kyiv, pada 11 Desember lalu.



Mayor Volodymyr—hanya nama depan yang diberikan untuk alasan keamanan—, komandan baterai Patriot, menceritakan bahwa timnya melacak salvo rudal Rusia dari pos komando mobile di dekat Kyiv.

Algoritma Patriot menghitung kecepatan, ketinggian, dan jalur yang diproyeksikan, sehingga memungkinkan rudal pertahanan udara mencegat misil-misil Rusia secara sistematis.

“Mengingat Patriot adalah salah satu dari sedikit sistem yang efektif melawan rudal balistik, dan rudal balistik menyebabkan korban paling banyak, saya yakin nyawa yang diselamatkan selama masa perang berjumlah ribuan,” kata sang mayor.

Namun, meski sukses, Rusia mengintensifkan serangannya, mencari kombinasi senjata dan lintasan baru untuk menghindari pertahanan udara Ukraina.

Menurut laporan The New York Times, serangan-serangan Moskow tersebut menggarisbawahi kebutuhan mendesak Ukraina akan pertahanan udara.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1656 seconds (0.1#10.140)