8 Pembunuhan Berencana yang Dilaksanakan Israel di Lebanon

Jum'at, 05 Januari 2024 - 12:56 WIB
loading...
8 Pembunuhan Berencana yang Dilaksanakan Israel di Lebanon
Israel berulang kali melaksanakan pembunuhan berencana di Lebanon. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Israel sudah berulang kali melakukan upaya pembunuhan berencana terhadap pemimpin pergerakan Palestina di Lebanon.

Yang terbaru adalah serangan pesawat tak berawak di lingkungan Dahiyeh di Beirut selatan pada minggu ini menewaskan beberapa pemimpin Hamas termasuk Saleh al-Arouri, wakil pemimpin sayap politik kelompok tersebut dan pendiri sayap militer, Brigade Qassam. Langkah ini mewakili eskalasi regional yang besar dalam perang Israel di Gaza, yang sejauh ini telah menewaskan lebih dari 22.000 orang di sana. Namun ini bukan pertama kalinya Israel melakukan pembunuhan di Lebanon.

Al-Arouri telah tinggal di pengasingan di Lebanon sejak tahun 2015. Israel belum mengaku bertanggung jawab atas pembunuhan tersebut, namun kemungkinan besar Tel Aviv memerintahkan pembunuhan tersebut.

Selama beberapa dekade, Israel telah menargetkan para pemimpin Palestina di Lebanon, yang merupakan basis sekutu Hamas, Hizbullah. Namun, kematian al-Arouri terjadi setelah jeda selama 18 tahun dalam daftar panjang percobaan pembunuhan politik yang berhasil.

8 Pembunuhan Berencana yang Dilaksanakan Israel di Lebanon

1. 1972 – Pasca pembunuhan di Bandara Lod

8 Pembunuhan Berencana yang Dilaksanakan Israel di Lebanon

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, salah satu target pertama Israel di Lebanon adalah Ghassan Kanafani, seorang penulis dan penyair Palestina terkemuka yang dibunuh pada tanggal 8 Juli 1972 di Beirut bersama keponakannya yang berusia 17 tahun. Sebuah granat telah dihubungkan ke kunci kontak mobilnya. Saat ia menyalakan mobil, bom plastik yang ditanam di belakang bumper mobil tersulut.

Kanafani adalah juru bicara Front Populer untuk Pembebasan Palestina (PFLP). Pembunuhannya terjadi setelah penembakan massal di Bandara Lod (sekarang Bandara Internasional Ben Gurion) pada tanggal 30 Mei 1972 yang menewaskan 26 orang dan puluhan lainnya luka-luka. Tiga anggota Tentara Merah Jepang telah direkrut untuk melakukan penembakan karena bandara sudah dalam siaga tinggi terhadap kemungkinan serangan oleh warga Palestina. Israel mengatakan pembunuhan Kanafani adalah respons terhadap serangan ini, namun diperkirakan pembunuhan tersebut sudah direncanakan jauh sebelumnya.

Bassam Abu Sharif, yang menjadi juru bicara PFLP setelah pembunuhan Kanafani, juga menjadi sasaran bom parsel di Beirut pada tanggal 25 Juli 1972. Abu Sharif selamat dari upaya tersebut tetapi menderita luka parah – ia kehilangan sebagian penglihatan dan pendengarannya, serta empat orang lainnya. jari.

2. 1973 – Tanggapan terhadap penculikan di Munich

Melansir Al Jazeera, pada tanggal 5 September 1972, anggota Black September, sebuah faksi Organisasi Pembebasan Palestina (PLO), menculik 11 atlet Israel di Olimpiade Musim Panas di Munich. Para sandera akhirnya terbunuh dalam upaya penyelamatan yang gagal oleh otoritas Jerman Barat.

Sebagai tanggapan, Israel meluncurkan kampanye pembunuhan yang disebut Operasi Musim Semi Pemuda, untuk menargetkan dalang penculikan tersebut. Bepergian dengan perahu dari Haifa untuk operasi yang berlangsung dari 10 hingga 11 April 1973, pasukan khusus Israel mendarat di pantai di Beirut dengan komandan mereka, calon perdana menteri, Ehud Barak, menyamar sebagai seorang wanita.

Mereka menggerebek gedung bertingkat tinggi dan rumah pribadi pejabat PLO di Beirut dan Sidon yang sebelumnya mereka awasi, meledakkan pintu dengan bahan peledak dan menembakkan senjata hingga sasaran mereka tewas. Tiga pejabat tinggi PLO terbunuh: Muhammad Youssef al-Najjar, wakil pemimpin PLO Yasser Arafat; juru bicara Kamal Nasser; dan Kamal Adwan, pemimpin militer Tepi Barat.

3. 1973-2001 – Sebuah rencana panjang untuk membunuh Yasser Arafat

8 Pembunuhan Berencana yang Dilaksanakan Israel di Lebanon

Foto/Reuters

Pada tanggal 1 Oktober 1973, Israel mencoba membunuh Arafat, serta anggota PLO Khalil al-Wazir, Faruq al-Qaddumi, Hani al-Hassan dan Wadi Haddad dalam pertemuan di Beirut. Namun bom yang dijatuhkan di gedung tempat orang-orang itu bertemu gagal meledak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1051 seconds (0.1#10.140)