5 Alasan Sidang Kasus Genosida Gaza di ICJ Bisa Melemahkan Posisi Israel

Sabtu, 06 Januari 2024 - 22:22 WIB
loading...
5 Alasan Sidang Kasus...
Sidang kasus genosida Gaza di Mahkamah Internasional akan melemahkan posisi Israel. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Pekan lalu, Afrika Selatan menjadi negara pertama yang mengajukan gugatan terhadap Israel di Mahkamah Internasional (ICJ) di Den Haag, meningkatkan tekanan internasional terhadap Tel Aviv untuk menghentikan pemboman mematikan dan tanpa henti di Jalur Gaza. Perang di Gaza yang dilancarkan Israel sejak 7 Oktober 2023, dan telah menewaskan lebih dari 22.000 warga sipil, sebagian besar dari mereka adalah anak-anak.

Dalam gugatan setebal 84 halaman yang diajukan Afrika Selatan ke pengadilan pada tanggal 29 Desember, tuntutan tersebut merinci bukti kebrutalan yang dilakukan di Gaza dan meminta Pengadilan – badan PBB untuk menyelesaikan perselisihan antarnegara – untuk segera menyatakan bahwa Israel telah melanggar tanggung jawabnya berdasarkan hukum internasional sejak 7 Oktober.

Tindakan tersebut merupakan tindakan terbaru dari serangkaian tindakan yang telah diambil Pretoria sejak dimulainya perang di Gaza, termasuk dengan keras dan terus-menerus mengutuk serangan Israel terhadap Gaza dan Tepi Barat, memanggil kembali duta besar Afrika Selatan untuk Israel, merujuk pada penderitaan yang dialami Israel. Palestina ke Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) dan menyerukan pertemuan luar biasa negara-negara BRICS untuk membahas konflik tersebut. ICC menangani kasus-kasus dugaan kejahatan yang dilakukan oleh individu, bukan negara.

5 Alasan Sidang Kasus Genosida Gaza di ICJ Bisa Melemahkan Posisi Israel

1. Afrika Selatan Menuding Israel Melakukan Genosida di Gaza

5 Alasan Sidang Kasus Genosida Gaza di ICJ Bisa Melemahkan Posisi Israel

Foto/Reuters

Melansir Al Jazeera, Afrika Selatan menuduh Israel melakukan genosida di Gaza, yang melanggar Konvensi Genosida 1948 yang mendefinisikan genosida sebagai “tindakan yang dilakukan dengan maksud untuk menghancurkan, secara keseluruhan atau sebagian, suatu kelompok nasional, etnis, ras atau agama”.

Tindakan genosida yang tercantum dalam gugatan tersebut antara lain pembunuhan terhadap warga Palestina di Gaza dalam jumlah besar, terutama anak-anak; penghancuran rumah mereka; pengusiran dan pemindahan mereka; serta menegakkan blokade terhadap makanan, air dan bantuan medis di wilayah tersebut.

Hal ini juga mencakup penerapan tindakan yang mencegah kelahiran warga Palestina dengan menghancurkan layanan kesehatan penting yang penting bagi kelangsungan hidup wanita hamil dan bayi.

Semua tindakan ini, menurut tuntutan tersebut, “dimaksudkan untuk membawa kehancuran [warga Palestina] sebagai sebuah kelompok”.

Pretoria lebih lanjut menyalahkan Israel karena gagal mencegah dan mengadili hasutan untuk melakukan genosida, dengan referensi khusus pada pernyataan yang datang dari para pejabat Israel selama perang yang berusaha untuk membenarkan pembunuhan dan kehancuran di Gaza.

Afrika Selatan juga secara khusus meminta agar ICJ segera mengambil tindakan untuk mencegah Israel melakukan kejahatan lebih lanjut di wilayah tersebut – kemungkinan besar dengan mengeluarkan perintah kepada Tel Aviv untuk menghentikan invasinya. "Permintaan itu akan diprioritaskan,: kata ICJ dalam sebuah pernyataan, namun tidak menentukan jangka waktunya.

"Dokumentasi Afrika Selatan sangat diperlukan di tengah meningkatnya disinformasi seputar perang, dan untuk tujuan lain yang memiliki jangkauan luas," kata Mai El-Sadany, seorang pengacara hak asasi manusia dan direktur The Tahrir Institute for Middle East Policy, dilansir Al Jazeera.

“Proses ini penting dalam memperlambat normalisasi kekejaman massal yang dilakukan oleh Israel; Hal ini memberikan pesan bahwa jika suatu negara melakukan kekejaman massal, seperti yang dilakukan Israel, maka negara tersebut harus dibawa ke pengadilan internasional, agar reputasinya dikritik karena bertentangan dengan norma-norma internasional, dan reputasinya di panggung internasional akan terkena dampaknya," ungkap El-Sadany.


2. Bukti Menunjukkan Genosida yang Dilakukan Israel

5 Alasan Sidang Kasus Genosida Gaza di ICJ Bisa Melemahkan Posisi Israel

Foto/Reuters

Afrika Selatan menegaskan bahwa pernyataan yang dibuat oleh pejabat Israel, termasuk Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, telah menunjukkan “niat genosida”.

Misalnya saja, gugatan tersebut mengutip perbandingan Netanyahu tentang orang Palestina dengan orang Amalek, sebuah negara yang disebutkan dalam Alkitab yang diperintahkan Tuhan untuk dihancurkan oleh orang Israel. Ayat alkitabiah menyatakan: “Sekarang pergilah dan pukullah Amalek… bunuh laki-laki dan perempuan, sayang.”

Lebih jauh lagi, dalam pernyataannya pada tanggal 26 Desember, Netanyahu mengatakan bahwa meskipun terjadi kehancuran besar di Gaza dan ribuan orang terbunuh, “kami memperdalam pertempuran dalam beberapa hari mendatang, dan ini akan menjadi pertempuran yang panjang”.

Pernyataan-pernyataan tersebut, termasuk pernyataan di mana para pejabat Israel menggambarkan masyarakat Gaza sebagai kekuatan “kegelapan” dan Israel sebagai kekuatan “terang”, juga disebutkan dalam tuntutan tersebut.

Afrika Selatan menambahkan bahwa “ruang lingkup operasi militer Israel – pemboman tanpa pandang bulu dan eksekusi warga sipil, serta blokade Israel terhadap makanan, air, obat-obatan, bahan bakar, tempat tinggal dan bantuan kemanusiaan lainnya”, adalah bukti dari klaim mereka. Tindakan tersebut telah mendorong wilayah tersebut ke “ambang kelaparan”, klaim gugatan tersebut.

Selain genosida, Afrika Selatan mengklaim bahwa Israel juga melakukan pelanggaran hukum internasional lainnya di Jalur Gaza, termasuk melancarkan serangan terhadap budaya Palestina dengan menyerang situs-situs “agama, pendidikan, seni, ilmu pengetahuan, monumen bersejarah, rumah sakit, dan tempat-tempat di mana orang sakit dan orang-orang Palestina berada.” yang terluka dikumpulkan”.

3. Israel Jadi Anggota Mahkamah Internasional

5 Alasan Sidang Kasus Genosida Gaza di ICJ Bisa Melemahkan Posisi Israel

Foto/Reuters

Ya. Berdasarkan Konvensi Genosida, negara-negara dapat mengajukan tuntutan genosida terhadap negara lain, baik negara tersebut terlibat langsung atau tidak dalam konflik tersebut. Pada tahun 2019, Gambia, atas nama Organisasi Kerjasama Islam (OKI), mengajukan petisi ke pengadilan terhadap Myanmar atas kekejamannya terhadap masyarakat Rohingya.

Israel dan Afrika Selatan sama-sama merupakan anggota ICJ, yang berarti keputusan ICJ mengikat keduanya. Meski ICJ memiliki bobot lebih besar dibandingkan Dewan Keamanan PBB, di mana Israel dilindungi ketat oleh AS, namun pengadilan tersebut tidak memiliki kekuatan penegakan hukum. Faktanya, dalam beberapa kasus perintah ICJ diabaikan tanpa konsekuensi serius.

Pada bulan Maret 2022, misalnya, satu bulan setelah Rusia menginvasi Ukraina, Kyiv mengajukan kasus terhadap Rusia ke Pengadilan. Dalam hal ini, Ukraina juga meminta ICJ untuk menetapkan tindakan darurat untuk menghentikan agresi Rusia.

Pengadilan memang memerintahkan Moskow untuk menghentikan operasi militer segera setelah itu, dengan menyatakan bahwa mereka “sangat prihatin” dengan serangan terhadap Ukraina. Meski demikian, lebih dari setahun kemudian, perang di Eropa terus berlanjut.

4. Sidang Akan Digelar 11-12 Januari 2024

5 Alasan Sidang Kasus Genosida Gaza di ICJ Bisa Melemahkan Posisi Israel

Foto/Reuters

Pihak berwenang Afrika Selatan pada hari Selasa mengkonfirmasi bahwa ICJ telah menetapkan sidang untuk tanggal 11-12 Januari. “Pengacara kami sedang mempersiapkan hal ini,” kata Clayson Monyela, juru bicara Departemen Hubungan Internasional dan Kerja Sama Afrika Selatan, memposting di X, sebelumnya Twitter.

Namun prosesnya bisa memakan waktu – bahkan bertahun-tahun. Pengadilan masih mempertimbangkan kasus Gambia melawan Myanmar mulai tahun 2019, misalnya. Telah ada pemeriksaan pembuktian dalam kasus tersebut – yang terakhir pada bulan Oktober 2023, ketika pengadilan meminta Gambia untuk menanggapi argumen balasan Myanmar.

Afrika Selatan secara proaktif meminta proses yang dipercepat dalam pengajuannya pada bulan Desember. Seruan mereka untuk mengeluarkan perintah darurat dari ICJ dapat memberikan hasil yang cukup cepat – dalam hitungan minggu – seperti yang terjadi dalam kasus Ukraina.

Menanggapi gugatan tersebut, Kementerian Luar Negeri Israel dengan keras membantah tuduhan genosida dan menggambarkan kasus Pretoria sebagai “pencemaran nama baik” dan “eksploitasi yang tercela dan menghina” terhadap pengadilan. Pernyataan dari kementerian juga menuduh Afrika Selatan “terlibat secara kriminal” dalam serangan Hamas.

Pada hari Selasa, juru bicara Eylon Levy menegaskan bahwa Tel Aviv akan membela diri pada sidang di Den Haag. “Kami meyakinkan para pemimpin Afrika Selatan, sejarah akan menghakimi Anda, dan sejarah akan menghakimi Anda tanpa ampun,” kata Levy kepada wartawan.

5. Upaya Menekan Amerika Serikat

5 Alasan Sidang Kasus Genosida Gaza di ICJ Bisa Melemahkan Posisi Israel

Foto/Reuters

Sarang Shidore, direktur Quincy Institute, sebuah lembaga pemikir yang berbasis di Washington, mengatakan sikap ini bisa berarti bahwa Tel Aviv menganggap keluhan tersebut sebagai tantangan serius terhadap kebijakannya di Gaza.

Meskipun keputusan ICJ mungkin tidak banyak berpengaruh terhadap perang itu sendiri, keputusan yang menguntungkan Afrika Selatan dan Palestina akan memberikan tekanan yang signifikan terhadap pendukung dan gudang senjata de facto Israel, yaitu pemerintah Amerika Serikat.

“Pemerintahan Biden semakin rentan terhadap penentang perang di dalam negeri dan tuduhan internasional atas standar ganda,” kata Shidore, menyinggung perbedaan mencolok antara pendirian AS terhadap perang Rusia-Ukraina dan posisinya terhadap perang Gaza. Namun keputusan yang menentang Israel dapat mempunyai “implikasi terhadap kedudukan Amerika Serikat”, katanya.

“Menurut saya, Pemerintahan Biden dan beberapa sekutu utama Eropa akan sangat mendukung Israel di ICJ,” tambah Shidore. “Tetapi kita akan melihat bagaimana dukungan ini diungkapkan secara tepat.”

(ahm)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1034 seconds (0.1#10.140)