Kirim Kapal Perang, Pasukan Elite India Selamatkan 21 Awak Kargo yang Dibajak

Sabtu, 06 Januari 2024 - 13:56 WIB
loading...
Kirim Kapal Perang, Pasukan Elite India Selamatkan 21 Awak Kargo yang Dibajak
Pasukan elite India selamatkan 21 awak kapal kargo MV Lila Norfolk yang mengalami pembajakan oleh kelompok bersenjata di Laut Arab. Foto/Times of India
A A A
NEW DELHI - Pasukan elite India berhasil menyelamatkan 21 awak kapal kargo MV Lila Norfolk yang dibajak kelompok bersenjata di Laut Arab sejak Kamis sore.

Operasi penyelamatan ini melibatkan kapal perang, pesawat patroli maritim, helikopter, pesawat jarak jauh, hingga drone predator MQ9B.

Para pejabat India mengatakan pasukan elite yang dikerahkan dalam misi ini adalah MARCOS, komando elite Angkatan Laut.

Ke-21 awak kapal yang berhasil diselamatkan termasuk 15 warga India.



Angkatan Laut mengerahkan aset-aset tempur menyusul panggilan darurat pembajakan yang melibatkan kapal kargo berbobot 84.000 ton yang dibajak oleh lima atau enam orang bersenjata tak dikenal.

Angkatan Laut India, dalam sebuah pernyataan yang dilansir NDTV, Sabtu (6/1/2024) mengatakan bahwa MARCOS telah mengonfirmasi tidak adanya pembajak di kapal kargo MV Lila Norfolk.

“Seluruh awak kapal yang berjumlah 21 orang termasuk 15 warga India di kapal tersebut telah dievakuasi dengan selamat," kata juru bicara Angkatan Laut India, Vivek Madhwal.

“Pembersihan yang dilakukan oleh pasukan komando MARCOS telah memastikan tidak adanya para pembajak. Upaya pembajakan yang dilakukan oleh para perompak mungkin dibatalkan setelah adanya peringatan keras dari pesawat patroli maritim Angkatan Laut India mengenai intersepsi oleh kapal perang Angkatan Laut,” lanjut Madhwal.

Laporan lain mengatakan kapal perang INS Chennai, sebuah kapal perusak Angkatan Laut India, yang dialihkan dari patroli anti-pembajakannya, meluncurkan helikopternya dan mengeluarkan peringatan kepada para perompak untuk meninggalkan kapal yang dibajak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0937 seconds (0.1#10.140)