alexametrics

Bantu Program Rudal Pakistan, China Pasok Sistem Pelacak Canggih

loading...
Bantu Program Rudal Pakistan, China Pasok Sistem Pelacak Canggih
Rudal Pakistan yang dipamerkan militer Islamabad beberapa waktu lalu. China membantu program rudal Pakistan dengan memasok sistem pelacak optik canggih. Foto/REUTERS/Faisal Mahmood
A+ A-
BEIJING - China dilaporkan membantu program rudal Pakistan dengan memasok sistem pelacak optik yang sangat canggih. Langkah Beijing ini jadi gebrakan di depan mata India yang saat ini menjadi pesaing regional China.

Pengiriman sistem pelacak canggih itu dilaporkan oleh Chinese Academy of Sciences (CAS) dalam sebuah pernyataan yang dilansir South China Morning Post (SCMP).



Laporan ekspor peralatan militer canggih China ini menjadi hal yang langka, karena selama ini Beijing selalu merahasikan kegiatan militer yang sensitif bagi negara lain.

Kesepakatan memasok sistem pelacak optik ini tercatat yang pertama kali dilakukan oleh China kepada pembeli asing.

Sistem yang dipasang oleh para ahli China pada peralatan militer Pakistan menjadi alat yang berharga untuk menguji teknologi rudal Islamabad. Sistem pelacak ini memiliki empat kamera berkecepatan dan beresolusi tinggi yang dilengkapi dengan optik kuat, laser ranger, dan sistem kontrol otomatis.

Sistem pelacak canggih itu memungkinkan rudal Pakistan melacak target yang diinginkan.

Perangkat ini dapat digunakan untuk mempelajari secara rinci momen-momen penting dari penyebaran misil seperti proses peluncuran, tahap pemisahan, atau saat hulu ledak mengejar target.

Menurut pernyataan CAS, sistem pelacak China jauh lebih unggul daripada yang telah berhasil dikembangkan oleh Pakistan di dalam negeri. Kinerja dari sistem tersebut diklaim melampaui harapan penggunanya.

"Kami hanya memberi mereka sepasang mata. Mereka dapat menggunakannya untuk melihat apa pun yang ingin mereka lihat, bahkan Bulan," kata Zheng Mengwei, seorang peneliti dari Institut Optik dan Elektronik CAS di Chengdu, Provinsi Sichuan, yang terlibat dalam pengembangan sistem pelacak tersebut, yang dilansir Jumat (23/3/2018).

Pengungkapan publik soal pengiriman sistem pelacak canggih China ini akan menjadi cara Beijing dalam mengirim pesan ke musuh utama Pakistan, India. Islamabad dan New Delhi telah berseteru selama beberapa dekade dan telah mengalami empat perang besar.

Pakistan dan India juga sama-sama mengembangkan senjata nuklir dan saling bekerja keras untuk memperbaiki sistem pengiriman untuk hulu ledak mereka.

Bagi China, Pakistan adalah komponen kunci dalam pembangunan infrastruktur perdagangan besar-besaran yang terencana yang dijuluki "One Belt One Road". Beijing telah menginvestasikan lebih dari USD60 miliar untuk pembangunan jalan dan fasilitas pelabuhan di bawah proyek Koridor Ekonomi China-Pakistan.
(mas)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak