Israel Bunuh Petinggi Hamas di Lebanon, Hizbullah Bersumpah Balas Dendam

Rabu, 03 Januari 2024 - 15:08 WIB
loading...
Israel Bunuh Petinggi Hamas di Lebanon, Hizbullah Bersumpah Balas Dendam
Israel telah membunuh wakil pemimpin Hamas Saleh al-Arouri melalui serangan pesawat nirawak di Beirut, Lebanon. Kelompok Hizbullah bersumpah untuk balas dendam. Foto/REUTERS
A A A
BEIRUT - Kelompok Hizbullah Lebanon telah bersumpah untuk balas dendam setelah Israel membunuh wakil pemimpin Hamas Saleh al-Arouri di Beirut.

“Kami menegaskan bahwa kejahatan ini tidak akan pernah berlalu tanpa tanggapan dan hukuman,” kata kelompok bersenjata Lebanon tersebut dalam sebuah pernyataan yang dilansir Middle East Eye, Rabu (3/1/2024).

“Kami menganggap kejahatan pembunuhan Saleh al-Arouri dan rekan-rekannya di jantung Dahiyeh Beirut merupakan agresi berbahaya terhadap Lebanon dan rakyatnya, keamanan, kedaulatan dan perlawanannya," lanjut pernyataan Hizbullah.



Hizbullah menambahkan bahwa pembunuhan terhadap Arouri, yang terjadi melalui serangan pesawat tak berawak yang juga menewaskan dua komandan Brigade al-Qassam, adalah serangan serius terhadap Lebanon. Kelompok tersebut menyatakan sudah siap untuk mengambil tindakan.

“Musuh kriminal—yang setelah sembilan puluh hari melakukan kejahatan, pembunuhan dan penghancuran tidak mampu menaklukkan Gaza—menggunakan kebijakan pembunuhan,” kata Hizbullah.

Juru bicara militer Israel Laksamana Muda Daniel Hagari mengatakan bahwa militer negaranya berada pada tingkat kesiapan yang sangat tinggi di semua arena, dalam pertahanan dan penyerangan, ketika negara tersebut bersiap menghadapi pembalasan dari Hizbullah.

“Kami berada dalam tingkat kesiapan yang tinggi untuk menghadapi skenario apa pun,” kata Hagari, tanpa mengakui adanya serangan terhadap Arouri.

Beberapa jam setelah pembunuhan itu, Hizbullah mengatakan pihaknya menyerang sekelompok tentara Israel di dekat sekitar Marj dengan rudal—tembakan lintas batas pertama yang dilakukan kelompok tersebut sejak Arouri terbunuh.

Hizbullah mengatakan serangan itu terjadi di seberang kota Markaba di perbatasan Lebanon.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1415 seconds (0.1#10.140)