Pecat Tillerson, Trump Tunjuk Bos CIA Sebagai Menlu Baru

Selasa, 13 Maret 2018 - 20:17 WIB
Pecat Tillerson, Trump Tunjuk Bos CIA Sebagai Menlu Baru
Pecat Tillerson, Trump Tunjuk Bos CIA Sebagai Menlu Baru
A A A
WASHINGTON -
Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump membuat sebuah keputusan yang mengejutkan. Trump melalui akun Twitternya menyatakan telah mencopot Rex Tillerson sebagai Menteri Luar Negeri AS.

Trump menyatakan sosok yang akan menggantikan Tillerson sebagai Menlu AS adalah Direktur Badan Intelijen AS atau CIA, Mike Pompeo. Dikesempatan yang sama dia juga menunjuka Gina Haspel untuk memimpin CIA.

"Mike Pompeo, Direktur CIA, akan menjadi Menlu yang yang baru, dia akan melakukan pekerjaan yang fantastis Terima kasih kepada Rex Tillerson atas jasanya! Gina Haspel akan menjadi Direktur baru CIA, dan wanita pertama yang dipilih. Selamat untuk semuanya!" kicau Trump, seperti dilansir Reuters pada Selasa (13/3).

Pemecatan Tillerson merupakan guncangan terbesar dalam Kabinet Trump sejauh ini dan sejatinya telah diperkirakan sejak Oktober lalu ketika laporan muncul mengenai memanasnya Trump dan Tillerson.

Kedua tokoh tersebut memang kerap berbeda pandangan, terbaru keduanya berbeda pandangan mengenai hubungan AS dan Rusia. Tillerson menyebut ada perselisihan antara Kremlin dan Gedung Putih, yang langsung dibantah oleh Trump.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4456 seconds (0.1#10.140)