SDF Sebut Turki Lakukan Pembersihan Etnis di Afrin

Selasa, 13 Maret 2018 - 17:39 WIB
SDF Sebut Turki Lakukan Pembersihan Etnis di Afrin
SDF Sebut Turki Lakukan Pembersihan Etnis di Afrin
A A A
AFRIN -
Pasukan Demokratik Suriah (SDF), sebuah aliansi milisi yang didominasi oleh milisi Kurdi menyatakan bahwa Turki tengah melakukan pembersihan etnis di wilayah Afrin. SDF menyebut, Turki berusaha untuk melakukan "perubahan demografis" di wilayah tersebut.

Kepala hubungan luar negeri SDF, Redur Xelil menyatakan Turki akan membersihkan Kurdi dari wilayah Afrin, kemudian Ankara akan menempatkan warga Turki dan Arab di wilayah tersebut.

"Pemerintah Turki akan menempatkan keluarga Turkmen dan Arab di desa Afrin yang mereka duduki setelah memaksa masyrakat disana dan memindahkan barang-barang milik orang-orang Afrin ke pemukiman baru," kata Xelil, seperti dilansir Reuters pada Selasa (13/3).

Namun, seorang pejabat senior Turki membantah tudingan yang disampaikan oleh SDF tersebut. Menurut pejabat yang tidak ingin disebutkan namanya itu, Ankara tidak pernah memiliki rencana untuk melakukan perubahan demografis di wilayah Afrin.

"Klaim bahwa orang-orang Arab dan Turkmen ditempatkan di Afrin benar-benar salah. Pengalihan populasi ke wilayah tersebut untuk mengubah struktur demografis adalah sesuatu yang mustahil untuk dilakukan," ucap pejabat itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4750 seconds (0.1#10.140)