AS Gagalkan Hancurkan Kapal Houthi yang Akan Membajak Kapal Kargo

Minggu, 31 Desember 2023 - 19:40 WIB
loading...
AS Gagalkan Hancurkan Kapal Houthi yang Akan Membajak Kapal Kargo
AS mengawal Laut Merah dari pembajakan yang dilakukan kelompok Houthi. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Angkatan Laut Amerika Sekitar (AS) menghancurkan perahu kecil Houthi yang mencoba membajak kapal kontainer di Laut Merah.

Empat kapal dari daerah yang dikuasai Houthi di Yaman menembaki kapal Maersk Hangzhou dan berada dalam jarak beberapa meter dari kapal tersebut.

Helikopter dari kapal perang AS yang berada di dekatnya menanggapi panggilan darurat dan setelah ditembaki, menenggelamkan tiga di antaranya "untuk membela diri".

Para anggota kelompok Houthi tewas dan perahu keempat melarikan diri dari daerah tersebut.

Houthi telah menyerang kapal-kapal di Laut Merah sejak November.

Kelompok Houthi dari Yaman yang didukung Iran mengklaim serangannya di jalur pelayaran penting ditujukan pada kapal-kapal yang terkait dengan Israel, sebagai respons terhadap perang di Gaza.

"Kapal komersial yang diserang, Maersk Hangzhou, terdaftar di Singapura dan dioperasikan serta dimiliki oleh perusahaan Denmark," demikian Komando Pusat AS (Centcom).

Maersk, salah satu perusahaan pelayaran terbesar di dunia, mengatakan pihaknya telah menghentikan pelayaran melalui Laut Merah selama 48 jam.

Keempat kapal Houthi menyerang sekitar pukul 06:30 waktu Yaman dengan senjata terpasang dan senjata ringan, hingga berada dalam jarak 20m dari kapal kontainer, yang "dicoba dinaiki" oleh awak kapal. Awak kapal mengeluarkan panggilan darurat dan tim keamanan membalas tembakan, kata pernyataan itu.

Helikopter dari kapal induk USS Eisenhower dan kapal perusak USS Gravely di dekatnya menanggapi permintaan bantuan dan ditembak ketika "dalam proses mengeluarkan panggilan lisan ke kapal-kapal kecil".
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0825 seconds (0.1#10.140)