AS Mengaku akan Bagikan Vaksin Covid-19 pada Dunia

loading...
AS Mengaku akan Bagikan Vaksin Covid-19 pada Dunia
Menteri Kesehatan Amerika Serikat, Alex Azar mengatakan, langkah ini akan dilakukan setelah kebutuhan dalam negeri Amerika Serikat terpenuhi. Foto/REUTERS
A+ A-
TAIPEI - Menteri Kesehatan Amerika Serikat (AS), Alex Azar mengatakan, setiap vaksin atau pengobatan AS untuk Covid-19 akan dibagikan secara adil dengan seluruh dunia. Azar mengatakan, langkah ini akan dilakukan setelah kebutuhan dalam negeri AS terpenuhi.

Ada lebih dari 200 kandidat vaksin Covid-19 yang sedang dikembangkan di seluruh dunia, termasuk lebih dari 20 dalam uji klinis pada manusia. (Baca juga: Siapakah Penerima Pertama Vaksin COVID-19? Dilema Global AS)

Presiden AS, Donald Trump telah berjanji untuk mempersiapkannya sebelum akhir tahun, meskipun mereka biasanya membutuhkan beberapa tahun untuk dikembangkan dan untuk diuji keamanan, serta efektivitasnya.

"Prioritas pertama kami tentu saja adalah mengembangkan dan memproduksi cukup banyak vaksin dan terapi yang disetujui FDA yang aman dan efektif untuk digunakan di AS," kata Azar saat melakukan kunjungan ke Taiwan, seperti dilansir Reuters pada Senin (10/8/2020).



"Tetapi, kami mengantisipasi memiliki kapasitas yang, setelah kebutuhan tersebut terpenuhi, produk-produk itu akan tersedia di komunitas dunia, sesuai dengan distribusi yang adil dan merata yang akan kami konsultasikan di komunitas internasional," sambungnya. (Baca juga: Fahri Hamzah soal Vaksin: Kok Kita Kayak Nunggu Negara Lain?)

Sementara itu, sebelumnya Kementerian Kesehatan Arab Saudi mengumumkan peluncuran uji klinis Fase III untuk vaksin anti-virus corona baru (Covid-19). Vaksin yang diuji klinis ini merupakan buatan perusahaan China, CanSino Biologics Inc.

Menurut laporan Saudi Press Agency (SPA), tahap ketiga uji klinis vaksin asal China itu tidak hanya di Saudi, tapi juga di berbagai negara yang melibatkan sejumlah besar relawan.
(esn)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top