Ribuan Muslim Indonesia Rayakan Perjalanan 25 Tahun IMSA di AS

Sabtu, 30 Desember 2023 - 16:12 WIB
loading...
Ribuan Muslim Indonesia Rayakan Perjalanan 25 Tahun IMSA di AS
Sesi Roles, Readiness & Red Flags: Preparing For Marriage oleh Imam Mahad Qamar dari Houston, Texas, dibanjiri generasi muda Muslim Indonesia dari negara-negara bagian Amerika Serikat dan Kanada. Foto/IMSA
A A A
WASHINGTON - Muktamar IMSA dan MISG ke 25 di tahun 2023 bertema “The Blessings of Companionship in Our Journey” berlangsung pada tanggal 23-27 Desember 2023 di Austin, Texas, Amerika Serikat menghadirkan 20 pembicara termasuk Ustadz Salim A Fillah yang didatangkan dari Indonesia. Momen tersebut menghidangkan macam-macam menu tradisional Indonesia dan dibanjiri lebih dari 1200 peserta Muslim Indonesia dan Malaysia yang sebagian besar datang dari Amerika dan Kanada.

“Saya tidak terbayang 25 tahun yang lalu Muktamar bisa menjadi sebesar sekarang”, Aria P. Noviato, Presiden IMSA (Indonesian Muslim Society in America), dalam rilis yang dikirim ke SINDONews. Dia juga mengingatkan akan pentingnya nilai-nilai dasar dalam IMSA seperti bertakwa, belajar, mengabdi, mengembangkan kemampuan diri dan kerjasama, “nilai-nilai dan semangat perjuangan yang ada sejak berdirinya IMSA, telah kita pertahankan sampai sekarang ini”.

Tema tahun ini “The Blessings of Companionship in Our Journey” menurut Konsul Jenderal RI Houston, Bapak Andre Omer Siregar, sangat relevan saat ini agar peserta dapat “menilai kembali kebersamaan umat Muslim agar semakin mesra dan ikhlas” demikian pidatonya saat pembukaan Muktamar IMSA-MISG 2023. Dia juga mengingat kewajiban manusia di dunia untuk membantu saudara yg menderita di dunia, terutama di Palestina sekarang ini.

Bapak Duta Besar Arrmanatha Christiawan Nasir, Wakil Tetap Republik Indonesia untuk PBB (Perserikatan Bangsa-Bangsa), dalam pidatonya menyampaikan bahwa beliau sangat senang karena Muktamar IMSA-MISG 2023 banyak melibatkan generasi muda juga memperkuat silaturahmi dan kerjasama antara umat Islam di Amerika dan memberikan energi positif pada tingkat individu, memperkuat fondasi jati diri.



Ustadz Salim A Fillah pada kesempatannya pada malam Gala Dinner 25 Tahun IMSA (Indonesian Muslim Society in America) mengobarkan semangat Muslim Indonesia pada umumnya dan anggota IMSA pada khususnya untuk terus berdakwah. “25 tahun IMSA memulai memijakkan langkah-langkah dakwah di bumi Amerika saya yakin masa depan yang kita tatap adalah masa depan gemilang," katanya.

Selain menghadirkan 20 pembicara, beberapa pembicara utama didatangkan dari Indonesia, Malaysia dan negara-negara bagian di Amerika, Muktamar ke 25 juga menghadirkan acara spesial seperti, potong rambut sambil beramal yang diprakarsai oleh IMSACare (divisi amal IMSA), peluncuran 2 buku oleh tim penulis IMSA yang terdiri dari 60 orang, Fun Bike & Fun Walk, konsumsi untuk 4 hari menggunakan 100% bahan daur ulang, dan 3 hari acara khusus untuk generasi muda.

Semua kegiatan tersebut baru pertama kali diadakan di Muktamar IMSA MISG 2023 sebagai tambahan dari program tetap tahunan Muktamar seperti sesi ceramah edukasi, yaumun nisa (program 1 hari hanya untuk peserta perempuan), malam hiburan, matrimoni, “field trip” untuk generasi muda, madrasah untuk anak2 dan juga halal bazaar yang terbuka khusus untuk peserta Muktamar yang ingin membuka booth menjadi vendor di bazaar.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0876 seconds (0.1#10.140)