5 Perang yang Diprediksi Pecah pada 2024, Salah Satunya di Perbatasan Indonesia

Sabtu, 30 Desember 2023 - 21:21 WIB
loading...
A A A
Namun, dari waktu ke waktu, indikasi kedekatan antara AS dan Taiwan mendapat reaksi berang dari Being.

Pada bulan Agustus 2023, dan setelah kunjungan Wakil Presiden Taiwan, William Lai, ke AS, “China meluncurkan latihan yang diperkirakan secara luas di dekat Taiwan sebagai tanggapan yang marah atas kunjungan singkatnya ke Amerika Serikat,” menurut Reuters.

Sebagian besar pengamat sepakat bahwa, tidak seperti Rusia, China terlalu terintegrasi ke dalam perekonomian global sehingga tidak berani mengambil risiko kehancuran perekonomian domestiknya yang sudah goyah akibat perang terhadap Taiwan—setidaknya dalam waktu dekat.

4. Tanduk Afrika (Ethiopia, Somalia, Eritrea, dan Djibouti)

Wilayah ini termasuk Ethiopia, Somalia, Eritrea, dan Djibouti, yang sering disebut sebagai Tanduk Afrika, telah mengalami beberapa masalah keamanan yang terjadi secara bersamaan selama beberapa tahun terakhir.

Yang paling menonjol, perang saudara di Sudan telah terjadi antara faksi-faksi yang bertikai sejak April 2023.

Sementara Sudan Selatan dan Somalia sedang berjuang melawan—hampir total—kurangnya supremasi hukum dan stabilitas politik, kehadiran kelompok-kelompok berbahaya seperti Al-Shabab dan geng bajak laut Somalia terus meningkat.

Yang lebih parah lagi, sengketa perbatasan antara Eritrea dan Etiopia kembali muncul, sementara situasi ini diperburuk oleh ketegangan etnis yang sudah berlangsung lama di Etiopia dan Eritrea.

Semua ini terjadi di wilayah yang telah mengalami kekeringan dan kelaparan selama bertahun-tahun, yang menyebabkan berbagai krisis kemanusiaan. Singkatnya, seluruh wilayah yang dihuni oleh hampir 150 juta orang ini adalah tong mesiu yang siap meledak.

Meskipun Tanduk Afrika mungkin tidak sepenuhnya terintegrasi dalam perekonomian global, kemundurannya dapat menciptakan banyak tantangan bagi dunia yang lebih luas, mulai dari pembajakan di Teluk Aden hingga kebutuhan untuk memberikan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat yang terkena dampak.

5. Jammu dan Kashmir (India dan Pakistan)

5 Perang yang Diprediksi Pecah pada 2024, Salah Satunya di Perbatasan Indonesia

Foto/Reuters

Sebagai salah satu sumber konflik antara India dan Pakistan, permasalahan Jammu dan Kashmir yang belum terselesaikan berpotensi menimbulkan dampak yang tidak diinginkan di anak benua India.

“Selama tujuh dekade terakhir, Kashmir telah menjadi pusat pertikaian sengit antara India dan Pakistan di mana masyarakat Jammu merupakan pihak yang tidak terpisahkan,” tulis kolom opini tahun 2023 yang diterbitkan oleh media nirlaba yang berfokus pada PBB, PassBlue, yang menambahkan bahwa India sejauh ini telah mengerahkan lebih dari 900.000 tentara di wilayah tersebut—sebuah tanda yang sulit untuk ditafsirkan secara optimis.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1150 seconds (0.1#10.140)