10 Peristiwa di Dunia yang Paling Menggemparkan Sepanjang 2023

Jum'at, 29 Desember 2023 - 20:20 WIB
loading...
10 Peristiwa di Dunia yang Paling Menggemparkan Sepanjang 2023
Perang Israel melawan Hamas menjadi peristiwa paling menggemparkan pada 2023. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Tahun 2023 merupakan tahun yang penuh cobaan di kancah dunia, karena kekuatan kekacauan semakin kuat. Peperangan yang sedang berlangsung terus berlanjut, sementara peperangan baru meletus.

Persaingan geopolitik meningkat, hingga pertemuan antara kepala negara yang bersaing menjadi berita utama meskipun pembicaraan mereka hanya menghasilkan sedikit kemajuan nyata. Secara keseluruhan, kabar baik tidak banyak tersedia.

10 Peristiwa di Dunia yang Paling Menggemparkan Sepanjang 2023

1. Resesi demokrasi global terus berlanjut.

10 Peristiwa di Dunia yang Paling Menggemparkan Sepanjang 2023

Foto/Reuters

Melansir Council on Foreign Relations, kelompok yang optimis memperkirakan gelombang keempat ekspansi demokrasi global. Prediksi tersebut gagal pada tahun 2023. Freedom House memulai tahun ini dengan mengumumkan bahwa tahun 2022 menandai tahun ketujuh belas berturut-turut di mana kebebasan dan demokrasi global mengalami kemunduran.

Seolah ingin membuktikan hal ini, epidemi kudeta di Afrika terus berlanjut. Pada bulan Juli, militer Niger menggulingkan presiden negara yang terpilih secara demokratis. Negara-negara tetangga mengancam akan melakukan intervensi jika kudeta tidak dibatalkan, namun junta militer yang memimpin Mali dan Burkina Faso mengancam akan melakukan perang sebagai balasannya.

Pada bulan Agustus, militer Gabon mengambil alih kekuasaan dan memberikan janji yang tidak jelas untuk mengadakan pemilu. Sebuah partai progresif baru memenangkan kursi terbanyak dalam pemilu Thailand pada bulan Mei. Namun, kesepakatan rahasia ini menghasilkan pemerintahan yang pro-militer sehingga pemenang pemilu terbesar ini hanya bisa melihat ke dalam. Pemerintah India terus menggunakan hukum dan intimidasi untuk membungkam kritik, dan banyak negara demokrasi lainnya yang membatasi kebebasan berekspresi.

Tren para kandidat yang mengklaim bahwa mereka akan kalah dalam pemilu hanya jika pemilu dicurangi terus berlanjut. Partai-partai sayap kanan mempunyai pengaruh yang baik di seluruh Eropa, menghidupkan kembali ingatan tentang runtuhnya demokrasi di Eropa seabad yang lalu. Jaksa Agung Guatemala berusaha mencegah presiden terpilih tersebut menjabat, sementara Jaksa Agung Peru menggunakan investigasi korupsi untuk menekan anggota parlemen agar membantu sekutunya.

Donald Trump menyebut lawan-lawannya sebagai “hama,” mengatakan bahwa jika ia kembali menduduki Gedung Putih, ia tidak akan menjadi seorang diktator “kecuali pada Hari Pertama,” dan menyarankan ia akan menggunakan jabatan kepresidenannya untuk menargetkan musuh-musuh politiknya. Secara keseluruhan, ini bukan tahun yang baik bagi demokrasi.

2. Perlombaan luar angkasa semakin memanas.

Seratus lima puluh tahun yang lalu nasihatnya adalah: “Pergilah ke barat.” Saat ini nasihatnya mungkin: “Pergilah ke surga.” Baik negara maupun perusahaan sama-sama mempertaruhkan ruang angkasa. Tujuh puluh tujuh negara memiliki badan antariksa; enam belas negara dapat meluncurkan muatan ke luar angkasa. Bulan menjadi perhatian khusus.

Upaya Rusia di bulan berakhir dengan kekecewaan pada bulan Agustus ketika pendaratnya jatuh ke permukaan bulan. Beberapa hari kemudian, India menjadi negara keempat yang mendaratkan kendaraan tak berawak di bulan, dan negara pertama yang mendaratkan kendaraan tak berawak di dekat wilayah kutub selatan bulan. Dua minggu kemudian, India meluncurkan misi untuk mempelajari matahari.

China dan Amerika Serikat juga mempunyai program bulan yang ambisius, dengan NASA yang bertujuan untuk mengembalikan astronot ke bulan pada tahun 2025. Upaya ini dan upaya terkait ruang angkasa lainnya memicu kekhawatiran bahwa persaingan geopolitik akan mengarah pada militerisasi ruang angkasa. Meningkatnya minat terhadap ruang angkasa juga menyoroti kurangnya peraturan yang mengatur operasi ruang angkasa.

Amerika Serikat telah mempromosikan Perjanjian Artemis untuk “mengatur eksplorasi sipil dan penggunaan luar angkasa.” China dan banyak negara penjelajah luar angkasa lainnya menolak untuk menandatangani perjanjian tersebut. Menetapkan aturan untuk ruang angkasa menjadi rumit karena perusahaan swasta seperti SpaceX, Blue Origin, dan Virgin Galactic memainkan peran besar dalam operasi ruang angkasa. Hal ini menimbulkan pertanyaan tentang motif keuntungan dan kewajiban nasional. Namun lonjakan aktivitas luar angkasa juga menimbulkan pertanyaan apakah masalah sampah luar angkasa yang tampaknya biasa-biasa saja akan mempersulit eksplorasi angkasa.


3. India melampaui China sebagai negara dengan jumlah penduduk terpadat di dunia.

Selama satu abad terakhir, atau mungkin lebih lama lagi, Tiongkok memiliki populasi terbesar di dunia. Hal itu berakhir pada tahun 2023. India kini mengakhirinya. Populasinya diperkirakan 1,43 miliar orang. India kemungkinan akan tetap menjadi negara dengan jumlah penduduk terbesar selama beberapa dekade mendatang. Populasi Tiongkok menyusut dan menua. Para ahli demografi memproyeksikan populasi Tiongkok akan berkurang 100 juta orang pada pertengahan abad ini, atau lebih besar dari jumlah populasi di lima belas negara di dunia saat ini.

Pada periode waktu yang sama, usia rata-rata masyarakat Tiongkok akan meningkat dari tiga puluh sembilan tahun menjadi lima puluh satu tahun. Sementara itu, populasi India diperkirakan akan mencapai hampir 1,7 miliar pada pertengahan abad ini dengan usia rata-rata tiga puluh sembilan tahun. Meskipun demografi bukanlah sebuah takdir, demografi membatasi dan membuka peluang bagi setiap negara. Negara-negara dengan populasi lebih muda dan terus bertambah cenderung mempunyai angkatan kerja yang lebih bersemangat dan mengkonsumsi lebih banyak, dan sebagai hasilnya, mereka menikmati tingkat pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi.

4. Azerbaijan merebut Nagorno-Karabakh.

Melansir Council on Foreign Relations, guncangan susulan runtuhnya Uni Soviet masih terasa hingga tiga dekade kemudian. Negara-negara yang bangkit dari keruntuhan Soviet memiliki perbatasan yang seringkali tidak sejalan dengan tempat tinggal kelompok-kelompok nasional sehingga menabur benih konflik. Daerah kantong Nagorno-Karabakh di Azerbaijan, misalnya, hampir seluruhnya dihuni oleh etnis Armenia yang tidak tertarik untuk diperintah oleh Baku.

Pada akhir tahun 1991, Nagorno-Karabakh mendeklarasikan kemerdekaan, memicu perang antara Armenia dan Azerbaijan. Ketika pertempuran berakhir pada tahun 1994 dengan gencatan senjata yang ditengahi Rusia, Nagoro-Karabakh telah memperoleh kemerdekaan de facto bersama dengan sebagian wilayah Azerbaijan. Meskipun terjadi serangan lintas batas yang terputus-putus, gencatan senjata tetap bertahan hingga pertempuran skala besar meletus pada bulan September 2020. Setelah enam minggu, Rusia merundingkan gencatan senjata lainnya. Hal ini membuat Azerbaijan menguasai sebagian besar Nagorno-Karabakh. Ketegangan masih tinggi.

Pada September 2023, Azerbaijan kembali menyerang. Dalam beberapa hari, mereka menyerbu wilayah yang belum mereka kuasai dan mengumumkan akan memulai “reintegrasi” daerah kantong tersebut. Dalam waktu satu minggu, lebih dari seratus ribu orang Armenia, atau sekitar 85 persen penduduk Nagorno-Karabakh, melarikan diri ke Armenia. Eksodus tersebut memicu protes di Armenia atas kegagalan pemerintahnya melindungi sesama warga Armenia dan menimbulkan pertanyaan mengapa Rusia gagal mencegah kehancuran wilayah tersebut. Keamanan warga Armenia yang tersisa di Nagorno-Karabakh bisa menjadi konflik berkelanjutan antara Armenia dan Azerbaijan. Demikian pula dengan Koridor Zangezur, sepotong kecil wilayah Armenia yang menghubungkan Azerbaijan dengan Nakhchivan, sebuah daerah kantong Azerbaijan yang berbatasan dengan Armenia, Iran, dan Turki.

5. Perang saudara melanda Sudan.

Tahun dua ribu dua puluh tiga seharusnya menjadi tahun Sudan menjadi negara demokrasi. Rakyat Sudan malah mengalami perang saudara. Konflik ini berakar pada protes yang menyebabkan militer Sudan pada April 2019 menggulingkan diktator lama negara itu, Omar al-Bashir. Junta militer baru mencapai kesepakatan dengan kelompok sipil untuk berbagi kekuasaan dan berupaya menuju pemilu.

Namun, pada Oktober 2021, Abdel Fattah al-Burhan, panglima Angkatan Bersenjata Sudan (SAF), dan Mohamed Hamdan “Hemedti” Dagalo, kepala milisi Pasukan Dukungan Cepat (RSF), kembali memimpin kudeta. Pada bulan Desember 2022, kedua pemimpin tersebut menyerah pada tekanan rakyat dan setuju untuk memimpin transisi dua tahun ke pemerintahan sipil. Perjanjian tersebut membuat Burhan dan Hemedti setara dan menyerukan agar RSF diintegrasikan ke dalam SAF.

Baik perjanjian maupun pernikahan yang nyaman antara kedua pria itu tidak bertahan lama. Pada tanggal 15 April 2023, pasukan RSF menyerang pangkalan SAF di seluruh negeri. Upaya untuk merundingkan gencatan senjata tidak membuahkan hasil. Pada musim gugur, RSF menguasai sebagian besar Khartoum, ibu kota Sudan, sementara SAF menguasai Port Sudan, pelabuhan utama negara tersebut. Pertempuran sangat sengit terjadi di Darfur, dimana Janjaweed, pendahulu RSF, melakukan kampanye pembersihan etnis terhadap sebagian besar penduduk non-Arab di wilayah tersebut pada awal tahun 2000an. Menjelang akhir tahun, pertempuran tersebut telah menewaskan lebih dari 10.000 orang dan membuat 5,6 juta orang lainnya terpaksa mengungsi—atau hampir 15 persen populasi Sudan.

5. Kecerdasan buatan (AI) menawarkan janji sekaligus bahaya.

Melansir Council on Foreign Relations, AI mulai menarik perhatian publik tahun lalu dengan dirilisnya ChatGPT. Pada tahun 2023, teknologi yang didasarkan pada apa yang disebut model bahasa besar tidak hanya menjadi lebih baik—versi terbaru ChatGPT dilaporkan sepuluh kali lebih maju dibandingkan pendahulunya—pemerintah, perusahaan, dan individu bergerak cepat untuk memanfaatkan potensinya. Hal ini memicu perdebatan sengit mengenai apakah AI membuka era baru kreativitas dan kemakmuran manusia, atau membuka kotak Pandora yang akan menghasilkan masa depan yang buruk.

Orang optimis menunjuk bagaimana AI menghasilkan terobosan ilmiah dengan kecepatan yang belum pernah terjadi sebelumnya di berbagai bidang, memungkinkan perancangan obat secara cepat, mengungkap misteri medis, dan memecahkan masalah matematika yang tampaknya tidak dapat dipecahkan. Mereka yang pesimistis memperingatkan bahwa teknologi berkembang lebih cepat dibandingkan kemampuan manusia untuk menilai dan memitigasi dampak buruk yang mungkin ditimbulkannya, baik itu menciptakan pengangguran massal, memperparah kesenjangan sosial, atau memicu kepunahan umat manusia. Geoffrey Hinton, salah satu pionir AI, berhenti dari pekerjaannya di Google untuk memperingatkan bahaya AI, dan para pemimpin teknologi seperti Elon Musk dan Steve Wozniak menandatangani surat terbuka yang memperingatkan bahwa AI menimbulkan "risiko besar bagi masyarakat dan kemanusiaan."

Sementara itu, mereka yang skeptis berpendapat bahwa sebagian besar janji AI akan gagal karena model-model tersebut akan segera mulai melatih keluaran mereka sendiri, sehingga membuat mereka terpisah dari perilaku manusia yang sebenarnya. Pemerintah tampaknya tidak bergerak cukup cepat, baik secara individu maupun kolektif, untuk memanfaatkan manfaat AI dan membendung risikonya.

7. Ketegangan AS-China terus meningkat.

Ketika tahun 2023 dimulai, ketegangan AS-China tampaknya mereda. Bulan November sebelumnya, Joe Biden dan Xi Jinping mengadakan pertemuan produktif di sela-sela KTT G-20 di Bali. Menteri Luar Negeri Antony Blinken dijadwalkan mengunjungi Beijing pada bulan Februari untuk membahas “pagar pembatas” terhadap persaingan geopolitik kedua negara yang semakin tegang.

Namun kemudian balon pengintai China muncul di Amerika Serikat. Pesawat itu melayang di seluruh negeri selama seminggu sebelum F-22 Raptor Angkatan Udara AS menembaknya jatuh di lepas pantai Carolina Selatan. Beijing bersikeras bahwa balon tersebut meledak saat memantau cuaca, namun penjelasan tersebut ditolak oleh Amerika Serikat. Insiden tersebut mengobarkan gairah politik di Amerika Serikat dan mendorong Blinken menunda kunjungannya ke Beijing.

Yang paling meresahkan adalah para pejabat China menolak menerima telepon dari Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin setelah balon tersebut ditembak jatuh, menyoroti kurangnya saluran komunikasi yang terjalin antara kedua negara adidaya tersebut. Blinken akhirnya melakukan perjalanan ke Beijing pada bulan Juni untuk menghadiri apa yang disebut oleh pejabat Departemen Luar Negeri sebagai pembicaraan “konstruktif”.

Percakapan tersebut tidak menghentikan Washington untuk menerapkan pembatasan tambahan terhadap perdagangan dengan China atau membujuk Beijing untuk mengurangi gangguannya terhadap Taiwan, Filipina, atau pasukan militer A.S. di Asia. Biden dan Xi bertemu pada bulan November di sela-sela Forum Pemimpin APEC 2023 di San Francisco. Pembicaraan tersebut menghasilkan beberapa kesepakatan kecil namun tidak ada terobosan besar. Kesepakatan mengenai modus vivendi masih belum tercapai oleh dua negara paling kuat di dunia.

8. Serangan balasan Ukraina tidak banyak menghasilkan kemajuan dan menimbulkan kerugian yang besar.

10 Peristiwa di Dunia yang Paling Menggemparkan Sepanjang 2023

Foto/Reuters

Pada awal tahun 2023, terdapat harapan yang tinggi bahwa serangan balasan Ukraina dapat mematahkan kendali Rusia di Ukraina timur dan mungkin Krimea. Serangan balasan yang ditunggu-tunggu dimulai pada awal Juni. Meski menimbulkan kerugian besar pada pasukan Rusia, garis pertempuran nyaris tidak bergerak.

Militer Rusia telah memanfaatkan musim dingin dan musim semi untuk mempersiapkan pertahanan yang tangguh. Pada awal November, jenderal tertinggi Ukraina menggambarkan pertempuran tersebut sebagai “jalan buntu” dan mengakui bahwa “kemungkinan besar tidak akan ada terobosan yang mendalam dan indah.”

Memang benar, seperti yang dikatakan sang jenderal, Rusia telah memperoleh lebih banyak wilayah sepanjang tahun ini dibandingkan yang diperoleh Ukraina. Pembicaraan diplomatik dengan cepat beralih ke pertanyaan apakah Ukraina dapat mempertahankan, apalagi memenangkan, perang gesekan yang tampaknya menguntungkan Rusia mengingat ekonomi dan populasi penduduknya yang jauh lebih besar.

Meskipun menderita kerugian yang sangat besar, Rusia memiliki jumlah pasukan dua kali lipat di Ukraina pada musim gugur 2023 dibandingkan dengan awal invasi dan perekonomian Rusia berada dalam kondisi perang. Sementara itu, “kelelahan Ukraina” mulai muncul di negara-negara Barat, terutama di Amerika Serikat ketika anggota parlemen dari Partai Republik menolak keras mengirimkan lebih banyak bantuan ke Kyiv.

Dengan tren jangka panjang yang berpotensi menguntungkan Rusia, muncul seruan agar Ukraina beralih dari menyerang ke bertahan dan mengupayakan gencatan senjata. Apakah Presiden Rusia Vladimir Putin akan setuju untuk menghentikan pertempuran masih bisa diperdebatkan. Ia mungkin percaya bahwa waktunya sudah dekat, terutama jika pemilu AS pada November mendatang akan menghasilkan presiden yang ingin memutuskan hubungan dengan Ukraina.

9. Hamas menyerang Israel.

10 Peristiwa di Dunia yang Paling Menggemparkan Sepanjang 2023

Foto/Reuters

Timur Tengah tampak menjanjikan pada akhir September 2023. Kesepakatan Abraham mempererat hubungan antara Israel dan negara-negara Arab. Spekulasi pun bermunculan bahwa Arab Saudi akan segera menjalin hubungan diplomatik dengan Israel. Gencatan senjata dalam perang saudara yang sengit di Yaman sedang berlangsung.

Tren ini mendorong Penasihat Keamanan Nasional Jake Sullivan menyatakan: “Wilayah Timur Tengah saat ini lebih tenang dibandingkan dua dekade lalu.” Hal ini berubah hanya delapan hari kemudian, pada tanggal 7 Oktober, ketika Hamas menyerang Israel. Sekitar 1.200 warga Israel terbunuh, hari paling mematikan dalam sejarah Israel. Sekitar 240 orang disandera. Bersumpah untuk membasmi Hamas, Israel melancarkan serangan udara terhadap Gaza dan kemudian menyerbu Gaza utara. Sebuah negosiasi jeda dalam pertempuran pada akhir November menjamin pembebasan sekitar seratus sandera.

Namun pertempuran segera kembali terjadi ketika pasukan Israel bergerak ke Gaza selatan. Meningkatnya angka kematian warga sipil Palestina, sebagian besar adalah perempuan dan anak-anak, memicu keluhan di seluruh dunia bahwa Israel melakukan kejahatan perang. Israel membantah tuduhan tersebut, dengan alasan bahwa Hamas menggunakan warga sipil Palestina sebagai tameng manusia.

Joe Biden dengan tegas mendukung hak Israel untuk membalas dan melakukan perjalanan ke Israel pada awal konflik untuk menunjukkan dukungannya. Namun pada awal Desember, para pejabat AS secara terbuka mendesak Israel untuk berbuat lebih banyak guna melindungi warga sipil atau mengambil risiko “kekalahan strategis.” Kekhawatiran awal bahwa konflik dengan Gaza dapat menyebabkan perang Timur Tengah yang lebih luas mereda pada akhir tahun ini namun belum hilang. Bagaimana konflik ini akan berakhir dan apa yang terjadi setelahnya masih menjadi pertanyaan terbuka.

10. Suhu global memecahkan rekor

10 Peristiwa di Dunia yang Paling Menggemparkan Sepanjang 2023

Foto/Reuters

Melansir Council on Foreign Relations, perubahan iklim bukan lagi ancaman di masa depan. Ini adalah realitas baru di dunia. Dua ribu dua puluh tiga kemungkinan merupakan tahun terpanas yang pernah tercatat. Suhu global belum setinggi ini dalam 125.000 tahun terakhir, dan diperkirakan akan melampaui batas 2 derajat Celcius yang ditetapkan dalam Perjanjian Paris tahun 2015. Dampaknya adalah terjadinya cuaca ekstrem di seluruh dunia, mulai dari kebakaran hutan yang bersejarah, kekeringan ekstrem, hingga banjir besar.

Ungkapan “wet bulb temperatur” (suhu bola basah) yang dulunya tidak dikenal mulai muncul ketika orang-orang di seluruh dunia mengetahui secara langsung bahwa suhu tinggi yang dikombinasikan dengan kelembapan tinggi dapat menyebabkan kematian. Kelompok yang optimis menunjuk pada perkembangan yang dapat membalikkan keadaan. Total investasi pada energi ramah lingkungan telah melonjak.

Biaya tenaga angin dan surya terus menurun dan banyak penghasil emisi akan mencapai puncak emisi dalam beberapa dekade mendatang. Hidrogen disebut-sebut sebagai sumber energi bersih. Usaha komersial pertama yang bertujuan menyedot karbon dioksida dari atmosfer mulai beroperasi, sementara para ilmuwan bereksperimen dengan “peningkatan pelapukan batuan” yang menggunakan mineral seperti basal untuk menyerap karbon dioksida secara pasif.

Namun, masih ada keraguan besar mengenai seberapa cepat dan seberapa luas teknologi tersebut dapat ditingkatkan, terutama karena produksi bahan bakar fosil dan emisi terus meningkat. Para diplomat berkumpul di forum-forum yang khidmat seperti Konferensi Para Pihak ke dua puluh delapan (COP-28) untuk membahas rencana dan kesepakatan. Namun pertemuan-pertemuan ini sepertinya membuktikan pepatah bahwa “ketika semuanya sudah dikatakan dan dilakukan, lebih banyak yang dikatakan daripada dilakukan.” Umat manusia mungkin telah kehilangan kesempatan untuk menghindari bencana perubahan iklim.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1235 seconds (0.1#10.140)