Pembunuhan Tokoh Politik Dunia Paling Menghebohkan Tahun 2023

Kamis, 28 Desember 2023 - 13:37 WIB
loading...
A A A
Namun sepanjang sejarah modernnya, negara kecil di Amerika Selatan ini, hingga tahun ini, hampir seluruhnya bebas dari kekerasan politik yang signifikan. Hal ini membuat pembunuhan calon presiden Fernando Villavicencio semakin mengejutkan dan traumatis. Villavicencio dibunuh pada 9 Agustus 2023.

Villavicencio, seorang kritikus vokal terhadap perdagangan narkoba dan korupsi yang melanda Ekuador, ditembak mati ketika dia berkampanye. Lebih dari puluhan tembakan terdengar saat dia menaiki SUV. Kandidat berhaluan tengah, 59 tahun, dilaporkan dipukul tiga kali di kepala dan meninggal seketika.

Polisi telah menangkap enam pria sehubungan dengan pembunuhan tersebut dan mengklaim bahwa semua tersangka adalah warga Kolombia, seperti tersangka pembunuh. Menteri Dalam Negeri Ekuador Juan Zapata mengatakan kepada wartawan bahwa polisi akan berupaya untuk "menemukan motif kejahatan ini dan pelaku intelektualnya." Dia menyebutnya sebagai “kejahatan politik yang bersifat teroris.”

3. Girma Yeshitila, Politikus Ethiopia

Pembunuhan Tokoh Politik Dunia Paling Menghebohkan Tahun 2023

Foto/Ist

Girma Yeshitila, ketua Partai Kemakmuran di Ethiopia, dibunuh dalam sebuah serangan pada April 2023.

Sebagai anggota komite eksekutif Partai Kemakmuran yang beranggotakan 45 orang, Girma sering menjadi sasaran di media sosial oleh kaum nasionalis Amhara yang mencapnya sebagai "pengkhianat" karena kedekatannya dengan pemerintah pusat.

Pemerintah Amhara mengatakan serangan oleh “pasukan tidak teratur” itu terjadi ketika Girma sedang melakukan perjalanan dengan pengawal pribadinya dan anggota keluarganya ke Debre Birhan, sebuah kota yang terletak 100 kilometer (60 mil) timur laut Addis Ababa.

Amhara menjadi lokasi kerusuhan bulan ini selama berhari-hari protes atas tindakan kontroversial pemerintah federal untuk membubarkan pasukan regional dan mengintegrasikan mereka ke dalam tentara nasional atau polisi daerah. Pasukan Amhara memainkan peran penting bersama tentara federal selama perang brutal dua tahun di wilayah tetangga Tigray, yang berakhir dengan perjanjian damai pada bulan November.

4. Mikhail Filiponenko, Politikus Ukraina Pro-Rusia

Pembunuhan Tokoh Politik Dunia Paling Menghebohkan Tahun 2023

Foto/Ist

Ukraina mengatakan pihaknya bertanggung jawab atas pembunuhan seorang pejabat yang didukung Rusia, Mikhail Filiponenko, dengan bom mobil di kota Luhansk di wilayah timur yang diduduki pada awal November 2023.

Mikhail Filiponenko, seorang anggota parlemen di majelis yang dibentuk Kremlin, adalah mantan panglima militer Republik Rakyat Luhansk (LPR). Dia telah aktif dalam gerakan separatis pro-Rusia di wilayah tersebut sejak tahun 2014.

Baik pihak berwenang Ukraina dan Rusia melaporkan Filiponenko tewas dalam pemboman mobil pada Rabu pagi. Badan intelijen militer Ukraina segera mengaku bertanggung jawab dan memperingatkan pihak lain yang mengabdi pada “teroris Rusia” akan menerima “balas dendam” serupa.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1082 seconds (0.1#10.140)