India Klaim Tak Tertarik Jet Tempur F-35 Amerika

Kamis, 01 Maret 2018 - 16:54 WIB
India Klaim Tak Tertarik Jet Tempur F-35 Amerika
India Klaim Tak Tertarik Jet Tempur F-35 Amerika
A A A
NEW DELHI - Angkatan Udara India (IAF) membantah tertarik untuk memesan pesawat jet tempur F-35 Lightning II Amerika Serikat (AS) untuk mengatasi krisis armada tempurnya.

Pernyataan itu sebagai bantahan laporan bahwa IAF mendekati Lockheed Martin untuk briefing rahasia mengenai pengadaan F-35. Pemerintah India sendiri telah memutuskan untuk membatalkan proposal pengadaan pesawat tempur asing satu mesin yang akan dibuat di India.

”Kami belum secara resmi meminta pengarahan tentang F-35 atau tidak ada permintaan yang diajukan ke Amerika,” kata Kepala IAF Marshal BS Dhanoa kepada The Indian Express, yang dilansir Kamis (1/3/2018).

Keputusan IAF untuk membeli jet-jet tempur asing akan diambil setelah mempertimbangkan beberapa faktor seperti keuangan, karena anggaran pengadaan barang-barang Kementerian Pertahanan terbatas.

Awalnya, media lokal mengutip sumber militer mengatakan bahwa proposal untuk membeli dan membuat jet tempur mesin tunggal diambil dua tahun yang lalu atas beberapa pertimbangan, termasuk biayanya.

Menurut laporan tersebut, India tertarik dengan jet tempur bermesin tunggal karena secara signifikan biayanya lebih rendah daripada pesawat tempur bermesin ganda seperti Rafale.

Selain itu, biaya mengoperasikan pesawat tempur bermesin tunggal jauh lebih sedikit daripada pesawat tempur bermesin ganda.

Namun, pemerintah India pada akhirnya membatalkan proposal pengadaan pesawat tempur bermesin tunggal karena tidak akan dapat diterima di lingkungan politik pada saat ini.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3397 seconds (0.1#10.140)