Profil Yair Lapid, Pemimpin Oposisi yang Serukan Pemecatan PM Israel Netanyahu

Rabu, 27 Desember 2023 - 14:01 WIB
loading...
Profil Yair Lapid, Pemimpin Oposisi yang Serukan Pemecatan PM Israel Netanyahu
Yair Lapid merupakan tokoh oposisi ternama di Israel. Foto/REUTERS
A A A
TEL AVIV - Israel yang sedang melakukan genosida terhadap warga Palestina di Jalur Gaza memiliki sejumlah tokoh politik yang penting.

Salah satu figur yang menonjol adalah Yair Lapid, seorang politisi oposisi yang baru-baru ini menyerukan pemecatan Benjamin Netanyahu dari kursi perdana menteri (PM) Israel.

Latar Belakang Jurnalis


Yair Lapid lahir pada 5 November 1963 di Tel Aviv, Israel. Sebelum memasuki dunia politik, Lapid memiliki latar belakang sebagai jurnalis dan presenter televisi yang sukses.

Karir jurnalisnya meliputi penulisan di surat kabar terkemuka, dan kemudian dia menjadi pembawa acara berita terkenal di televisi Israel.

Pengalamannya di dunia media memberinya pemahaman yang mendalam tentang isu-isu yang dihadapi negara dan masyarakat Israel.

Karir Politik


Lapid memasuki dunia politik pada tahun 2012 ketika dia mendirikan partai politik Yesh Atid, yang fokus pada isu-isu sosial dan ekonomi.

Dalam pemilihan umum Knesset (parlemen Israel) pada tahun yang sama, partainya meraih sukses luar biasa dengan memenangkan 19 kursi dari total 120 kursi.

Keberhasilan ini membuat Yair Lapid menjadi Menteri Keuangan Israel dalam pemerintahan koalisi yang dipimpin Benjamin Netanyahu.

Sebagai Menteri Keuangan, Lapid terlibat dalam berbagai reformasi ekonomi dan sosial yang diarahkan untuk mengatasi ketidaksetaraan ekonomi dan memperbaiki sistem pendidikan.

Meskipun beberapa kebijakannya menuai kritik, Lapid berhasil mencapai beberapa perubahan positif dalam struktur ekonomi Israel.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1361 seconds (0.1#10.140)