7 Kesalahan Fatal Tentara Israel dalam Menggunaan AI untuk Melawan Hamas

Selasa, 26 Desember 2023 - 16:34 WIB
loading...
7 Kesalahan Fatal Tentara Israel dalam Menggunaan AI untuk Melawan Hamas
Israel melakukan banyak kesalahan fatal dalam menggunakan AI saat perang Gaza. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Kematian dan kehancuran yang ditimbulkan Israel di Jalur Gaza dalam serangannya belum pernah terjadi sebelumnya dalam sejarah terkini. Salah satunya disebabkan penggunaan artificial intelligence (AI) atau kecerdasan buatan oleh militer Israel.

Sebagian besar wilayah Palestina yang terkepung telah hancur akibat pemboman Israel yang tak henti-hentinya dan tampaknya tanpa pandang bulu, yang kini telah menewaskan hampir 20.000 warga Palestina, sebagian besar perempuan dan anak-anak, dan melukai hampir 53.000 lainnya, menurut otoritas kesehatan Gaza.

Setengah dari persediaan perumahan di wilayah pesisir telah rusak atau hancur, dan hampir 2 juta orang mengungsi di wilayah padat penduduk tersebut karena kekurangan makanan dan air bersih.

Sebagian besar kerusakan besar ini berkaitan dengan pendekatan penargetan Israel sejak 7 Oktober dan teknologi yang digunakan, khususnya peningkatan penggunaan kecerdasan buatan.

7 Kesalahan Fatal Tentara Israel dalam Menggunaan AI

1. Melakukan Pembunuhan Massal, tanpa Target yang Spesifik

7 Kesalahan Fatal Tentara Israel dalam Menggunaan AI untuk Melawan Hamas

Foto/Reuters

Investigasi bulan lalu yang dilakukan oleh outlet berita +972 Magazine dan Local Call berbahasa Ibrani menyoroti satu sistem tertentu yang diandalkan oleh militer Israel – sistem pembuatan target AI yang disebut Habsora, atau Injil dalam bahasa Inggris.

Sistem tersebut dapat menghasilkan target dengan sendirinya dan “pada tingkat yang jauh melebihi apa yang mungkin dilakukan sebelumnya,” ungkap penyelidikan tersebut, mengutip mantan pejabat intelijen yang menyamakannya dengan “pabrik pembunuhan massal.”

2. Gagal Menyelamatkan Wilayah Israel dari Gempuran Hamas

7 Kesalahan Fatal Tentara Israel dalam Menggunaan AI untuk Melawan Hamas

Foto/Reuters

Berbicara kepada Anadolu, analis pertahanan Sam Cranny-Evans mengonfirmasi bahwa Israel telah mengembangkan AI dan penggunaannya dalam peperangan “untuk waktu yang cukup lama.”

“Jadi, Gospel dan sistem lain yang menyertainya, Alchemist, sebenarnya digunakan selama Operasi Penjaga Tembok tahun 2021,” katanya, merujuk pada serangan 11 hari Israel yang menewaskan lebih dari 260 warga Palestina dan melukai sekitar 2.200 orang.

Pada saat itu, militer Israel menggambarkan serangan tersebut sebagai “kampanye yang pertama kali dilakukan” dan “perang kecerdasan buatan yang pertama,” dan para pejabat mengatakan bahwa mereka “menggunakan perkembangan teknologi yang dapat menambah kekuatan,” menurut laporan bulan Mei 2021 oleh The Jerusalem Post.

3. Mengandalkan Informasi Intelijen Israel yang Rapuh

7 Kesalahan Fatal Tentara Israel dalam Menggunaan AI untuk Melawan Hamas

Foto/Reuters

Cranny-Evans menjelaskan bahwa Gospel pada dasarnya berfungsi sebagai “pusat informasi dan pengetahuan.”

“Cara kerjanya, berdasarkan informasi Israel yang tersedia, adalah sekitar 90% dari seluruh intelijen Israel dikumpulkan di pusat informasi dan pengetahuan ini,” katanya.

Hal ini mencakup segala hal mulai dari intelijen sinyal hingga intelijen manusia, termasuk percakapan dengan orang-orang di lapangan, serta penyadapan dari telepon seluler dan radio, serta citra satelit.

“Ini mencakup seluruh aparat intelijen Israel. Jadi, Anda memiliki (dinas keamanan internal Israel) Shin Bet yang mendukungnya, serta unit 8200, yang merupakan unit yang benar-benar merancang sistem AI ini dan membangunnya di dalam IDF,” kata Cranny-Evans.

Menurut informasi yang tersedia di situs web militer Israel, Unit 8200 adalah unit terbesar dari tiga unit di bawah Direktorat Intelijen Militer, yang bertanggung jawab untuk “mengembangkan dan memanfaatkan alat pengumpulan informasi, menganalisis, memproses, dan membagikan informasi yang dikumpulkan kepada pejabat terkait.”

“Ini adalah unit militer di dalam IDF yang sengaja dikelola oleh orang-orang berusia sekitar 18 hingga awal 20-an. Mereka sengaja mencoba mencari orang-orang yang memiliki keterampilan komputer, pemrograman, dan perangkat lunak yang baik pada usia yang relatif muda,” kata Cranny-Evans.

“Jadi, itu adalah kemampuan internal IDF dibandingkan dengan perusahaan eksternal yang membangunnya.”

4. Masih Proses Uji Coba

7 Kesalahan Fatal Tentara Israel dalam Menggunaan AI untuk Melawan Hamas

Foto/Reuters

Sistem berbasis AI lainnya yang dia ketahui secara pribadi adalah Smart Trigger System, atau Fire Weaver, yang dibuat oleh Rafael Advanced Defense Systems, “sebuah perusahaan Israel yang mengembangkannya di Israel.”

Semua informasi yang dikumpulkan “digunakan untuk menginformasikan Gospel dan Alchemist dan kemungkinan bentuk AI lainnya,” katanya.

“Kemungkinannya adalah bahwa sebenarnya banyak algoritma yang digabungkan menjadi satu keluaran,” katanya, seraya menambahkan bahwa apa yang militer Israel coba lakukan adalah “menggabungkan dan memahami” kecerdasan sistem ini.

Misalnya, algoritma yang memproses sinyal informasi intelijen kemungkinan besar tidak akan mampu memproses citra dari satelit, jelasnya.

“Biasanya, jika Anda memiliki sinyal intelijen, intelijen satelit, intelijen di lapangan, dan intelijen manusia, Anda akan memerlukan orang-orang dari masing-masing bagian militer di ruangan tersebut untuk memberi tahu Anda apa artinya dan apa yang terjadi,” katanya.

“Tetapi cara mereka menggambarkan AI adalah bahwa ia mampu menyatukan semua fungsi tersebut, dan kemudian AI memberikan saran atau membantu manusia untuk benar-benar melakukan penelitian.”

Dia menekankan bahwa penting untuk menyadari bahwa manusia selalu terlibat dalam proses ini, dan menekankan bahwa jumlah korban jiwa yang sangat besar disebabkan oleh cara Israel menggunakan teknologi tersebut.

“AI adalah sebuah alat yang menghasilkan rekomendasi. Penargetan Israel dan cara melakukannya bergantung pada mereka dan keputusan manusia,” katanya.

“Jadi, menurut saya sangat penting bagi kita untuk membedakan peran AI dalam perang ini karena kita belum cukup mengetahuinya, dan cara AI melakukan hal tersebut. Israellah yang melancarkan perang, karena menurut saya keduanya berbeda.”

5. Hanya Mengandalkan Kecepatan, Bukan Presisi

7 Kesalahan Fatal Tentara Israel dalam Menggunaan AI untuk Melawan Hamas

Foto/Reuters

Pernyataan awal bulan November dari juru bicara militer Israel mengakui keberadaan Habsora, dengan mengatakan bahwa Habsora digunakan untuk “menghasilkan target dengan kecepatan tinggi.”

Hal ini terbukti terjadi pada serangan terbaru Israel di Gaza, dimana tentara Israel mengatakan bulan lalu bahwa mereka menyerang sekitar 15.000 sasaran selama 35 hari pertama, menurut laporan +972 Magazine and Local Call.

Angka tersebut secara eksponensial lebih tinggi dari 1.500 target dalam 11 hari pada tahun 2021, antara 5.200 hingga 6.200 dalam 51 hari pada tahun 2014, 1.500 target dalam delapan hari pada tahun 2012, atau 3.400 target dalam 22 hari pada tahun 2008, kata laporan tersebut.

6. Tidak Mampu Menghancurkan Hamas

7 Kesalahan Fatal Tentara Israel dalam Menggunaan AI untuk Melawan Hamas

Foto/Reuters

Namun, bagi Cranny-Evans, dampak AI dalam operasi Israel melawan Hamas masih sulit ditentukan.

“Saya pikir Israel menggunakan AI sebagai alat untuk mencoba membantu mereka menemukan dan mengalahkan Hamas. Apa yang bisa kita lihat adalah mereka relatif efektif dalam menemukan dan menghancurkan terowongan Hamas,” katanya.

Dalam pandangannya, pasukan Israel telah secara efektif menargetkan kepemimpinan Hamas di mana pun mereka berada, dan “hal ini merupakan bagian besar dari pembongkaran organisasi tersebut sebagai kekuatan militer.”

“Jadi, dalam hal ini, IDF tentu saja lebih berhasil dibandingkan tahun 2014 sebelum mereka harus menarik diri (dari Gaza),” ujar Cranny-Evans.

“Tetapi sangat sulit untuk mengatakan apakah ini disebabkan oleh AI atau apa. Sulit untuk mengatakan seberapa besar peran yang dimainkannya karena mereka jelas menjaganya tetap dekat.”

7. Tidak Sukses seperti Perang Terminator

7 Kesalahan Fatal Tentara Israel dalam Menggunaan AI untuk Melawan Hamas

Foto/Reuters

Mengenai penggunaan AI dalam peperangan, Cranny-Evans percaya bahwa AI telah mengubah segalanya tentang pertempuran dan masa depan, dengan “ratusan jalan untuk dijelajahi.”

AI jelas memiliki banyak kemungkinan “mulai dari hal yang kurang menarik hingga peperangan yang sangat tajam,” katanya.

Banyak negara yang serius dengan anggaran pertahanan mereka berinvestasi pada AI, meskipun sebagian besar “relatif masih dalam tahap awal dalam mengeksploitasi AI,” katanya.

“Israel memiliki sejumlah sistem yang mendukung AI, mulai dari tingkat operasional yang diwakili oleh Gospel, hingga tingkat taktis,” katanya.

AS juga mengadopsinya dalam hal kemampuan serangan jarak jauh dan pengumpulan intelijen, dan kita dapat melihat hal yang sama terjadi di China.

Baginya, AI yang lebih menonjol dalam peperangan adalah sebuah persoalan “kapan dan bukan jika,” dan akan “menyentuh sebagian besar elemen peperangan modern bagi militer-militer besar di dunia.”

“Namun, saya pikir kemungkinan besar hal ini tidak akan terlalu revolusioner dibandingkan yang diperkirakan orang,” katanya.

“Ini mungkin mempercepat pengambilan keputusan dan mungkin mempercepat kemampuan menganalisis informasi dan jumlah informasi yang dapat Anda kumpulkan dan analisis. Tapi kemungkinan besar kita juga tidak akan menuju ke skenario Terminator penuh di mana segala sesuatunya benar-benar tidak sopan.”

Mengenai kekhawatiran atas penggunaan teknologi, dia mengatakan bahwa semua tergantung pada keputusan yang dibuat oleh manusia.

“Kekhawatiran yang lebih besar adalah melihat cara negara-negara dan rezim tertentu mengembangkan pengawasan mereka sendiri terhadap populasi mereka… (tetapi) hal ini akan menjadi perhatian bahkan tanpa AI,” kata pakar tersebut.

“Saya tidak melihat AI sebagai sesuatu yang mengancam. Saya melihat cara orang memilih untuk menggunakannya sebagai hal yang bermasalah.”

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1072 seconds (0.1#10.140)