Pompeo: Kami Pastikan Iran Tak Bisa Beli Senjata Saat Embargo Berakhir

Kamis, 30 April 2020 - 16:40 WIB
loading...
Pompeo: Kami Pastikan Iran Tak Bisa Beli Senjata Saat Embargo Berakhir
Menteri Luar Negeri AS, Mike Pompeo mengatakan, Washington akan memastikan Iran tidak akan dapat membeli senjata konvensional saat embargo berakhir. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (AS), Mike Pompeo mengatakan, Washington akan memastikan Iran tidak akan dapat membeli senjata konvensional saat embargo berakhir. Embargo senjata Iran akan berakhir pada Oktober mendatang.

Pompeo mendesak tiga negara utama Eropa yakni Jerman, Prancis, dan Italia, yang disebut dengan E3 untuk turut memastikan embargo ini diperpanjang atau setidaknya memastikan Iran tidak akan mendapatkan senjata saat larangan itu berakhir.

"Kami mendesak mitra E3 kami untuk mengambil tindakan yang sesuai dengan kemampuan mereka, kami akan bekerja dengan Dewan Keamanan PBB untuk memperpanjang larangan penjualan senjata itu, dan jika itu terjadi, kami tidak bisa mendapatkan orang lain untuk bertindak, AS sedang mengevaluasi setiap kemungkinan tentang bagaimana kita dapat melakukan itu," kata Pompeo.

"Kami akan memastikan bahwa pada bulan Oktober tahun ini, Iran tidak dapat membeli senjata konvensional," sambungnya dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Sputnik pada Kamis (30/4/2020).

Pada hari Minggu, media AS melaporkan bahwa Pompeo sedang menyusun strategi untuk mencoba memaksakan perpanjangan embargo senjata terhadap Iran atau memberlakukan kembali sanksi yang lebih keras jika Dewan Keamanan PBB menolak untuk memperpanjang embargo senjata.

Di bawah strategi itu, AS dapat mengklaim bahwa ia secara resmi tetap menjadi mitra dalam Rencana Aksi Komprehensif (JCPOA) 2015 meskipun administrasi Donald Trump telah mengumumkan mundur dari kesepakatan itu pada 2018.
(esn)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1025 seconds (0.1#10.140)