Urutan Negara BRICS dengan Jumlah Tentara Terbanyak

Selasa, 19 Desember 2023 - 14:48 WIB
loading...
A A A
Faktor penting lainnya adalah upaya mereka untuk meningkatkan teknologi dan kehadiran militer regional. Sejauh ini Brasil hanya memiliki jumlah personel aktif mencapai 360.000 anggota.

7. Arab Saudi


Arab Saudi adalah salah satu kekuatan militer Timur Tengah. Negara ini total memiliki personel militer 350.000.

Kerajaan di Teluk Arab ini juga diperkuat dengan mempunyai deretan senjata yang canggih. Deretan senjata itu digunakan untuk mempertahankan wilayah dari serangan musuh.

8. Ethiopia


Selanjutnya adalah Ethiopia, negara ini memiliki angkatan bersenjata yang berukuran besar. Tercatat, total Ethiopia memiliki 150.000 personel. Ethiopia lebih bergantung pada impor senjata dan perlengkapan militer.

9. Argentina


Selanjutnya adalah Argentina yang memiliki anggota militer aktif mencapai 83.000 personel. Argentina juga baru menjadi anggota BRICS pada pertengahan 2023 bersama lima negara baru lainnya.

10. Uni Emirat Arab

Negara-negara penguasa ini memiliki anggaran pertahanan senilai USD14.4 miliar dengan 65.000 personel militer aktif.

UEA juga telah memperoleh sistem senjata baru untuk memperkuat yang sudah ada serta meningkatkan pelayanan militer secara menyeluruh.

Negara ini terlibat aktif dalam perang melawan ISIS dan diam-diam menggunakan jet tempur dari Mesir untuk melakukan serangan udara terhadap kelompok militan di Libya tanpa dukungan dari AS.

11. Afrika Selatan


Meskipun memiliki jumlah personel militer yang lebih kecil dibandingkan dengan anggota BRICS lainnya, Afrika Selatan memainkan peran penting dalam kestabilan regional di Afrika. Meskipun demikian, negara ini fokus pada pengembangan dan modernisasi angkatan bersenjatanya.
(mas)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1126 seconds (0.1#10.140)