5 Misteri Jalaluddin Rumi Versi Barat dan Timur

Senin, 18 Desember 2023 - 13:13 WIB
loading...
5 Misteri Jalaluddin Rumi Versi Barat dan Timur
Jalaludin Rumi memiliki banyak misteri. Foto/Al Jazeera
A A A
JAKARTA - Puisi spiritual dan kebijaksanaan abadi Jalaluddin Mohammad Rumi telah melampaui waktu dan budaya. Tujuh ratus lima puluh tahun setelah kematiannya, pemikir Persia yang terkenal ini tetap menjadi penyair terlaris di Barat, dihormati sebagai seorang darwis Islam di Timur, sementara pemikirannya yang cerdas menguasai internet.

Ketika ia meninggal pada tanggal 17 Desember 1273, dalam usia 66 tahun, jalan-jalan di Konya, yang sekarang disebut Turki, dipenuhi oleh pelayat dari berbagai agama dan negara, yang mencerminkan masyarakat kosmopolitan yang hidup di Anatolia abad ke-13 – saat itulah pertukaran ide dan seni lintas budaya menjadi makmur.

Pada pemakamannya, para pengikutnya, termasuk orang Yahudi, Kristen, dan Zoroaster, masing-masing membacakan kitab suci mereka sendiri.

Tahun ini juga, pada hari Minggu, pria yang dikenal dengan nisbahnya (nama yang menunjukkan asal usul seseorang) Rumi, akan dihormati oleh para pengikutnya pada Sheb-i Arus – yang berarti malam pernikahan dalam bahasa Persia dan Turki.

Dan hal ini sesuai dengan semangat seruan penyair Persia: “Kematian kita adalah pernikahan kita dengan keabadian.”

Dari ibu kota Inggris, London, hingga California di Amerika Serikat, hingga Konya, para murid atau pengikutnya, akan berkumpul dalam pusaran gerak dan emosi, mengingat pidato eleginya sendiri:

“Ketika kamu melihat mayatku dibawa,
Jangan menangisi kepergianku,
Aku tidak pergi,
Aku sampai pada cinta abadi.” – Rumi (diterjemahkan oleh Muhammad Ali Mojaradi)

Jalaluddin Rumi Versi Timur

1. Rumi Lahir di Afghanistan dalam Perspektif Timur

5 Misteri Jalaluddin Rumi Versi Barat dan Timur

Foto/Al Jazeera

Melansir Al Jazeera, Rumi diyakini lahir pada awal abad ketiga belas di Balkh (sekarang di Afghanistan), meski ada yang mengatakan tempat kelahirannya adalah di Asia Tengah.

Pada saat kelahirannya (1207), Kekaisaran Persia terbentang dari India di timur hingga ke barat hingga Yunani, dengan banyak orang yang mengklaim pria yang kemudian lebih dikenal sebagai Rumi, yang mencerminkan wilayah di mana ia akan menetap. – Kesultanan Rum, juga dikenal sebagai Anatolia.

Di dunia timur, nama Rumi sering diawali dengan gelar kehormatan Mevlana atau Maulana (artinya guru kita), yang menunjukkan betapa dihormatinya dia sebagai ulama dan wali sufi. Menyebutkan namanya tanpa gelar ini di sebagian kalangan akan mendapat tut-tutting dan dianggap tidak sopan.

“Seperti tokoh sejarah mana pun yang menjelajahi berbagai budaya, dia menjalani kehidupannya sendiri,” jelas Muhammad Ali Mojaradi, seorang sarjana Persia yang tinggal di Kuwait, dilansir Al Jazeera.

Ia mengatakan orang-orang cenderung memproyeksikan pemahaman dan bias mereka sendiri ketika berinteraksi dengan teks-teks sejarah, termasuk karya Rumi.

“Saya pernah mendengar bahwa Rumi adalah seorang Muslim Sunni yang sangat ortodoks, ada pula yang mengatakan bahwa ia adalah penganut Zoroaster yang tertutup, atau seorang Sufi yang menyimpang, atau seseorang yang terlalu tercerahkan untuk menganut suatu agama. Ada yang menganggapnya orang Tajik, Khurasani, ada yang Persia, atau Iran, ada pula yang bersikukuh bahwa dia orang Turki. Ini lebih menunjukkan bias kami dibandingkan Rumi yang sebenarnya.”

Selama hidupnya, identitasnya secara intrinsik terkait dengan keyakinannya.

“Aku adalah hamba Al-Quran, selama aku masih mempunyai ruh.
Akulah debu di jalan Muhammad, Yang Terpilih.
Jika seseorang menafsirkan kata-kata saya dengan cara lain,
Orang itu saya sesali, dan saya sesalkan kata-katanya.”
– Rumi (diterjemahkan oleh Muhammad Ali Mojaradi)

2. Dikenal sebagai Cendekiawan Muslim

Rumi adalah seorang cendekiawan Islam, mengikuti garis keturunan yang panjang, dan mengajarkan Syariah atau hukum Islam. Ia juga mempraktikkan Tasawwuf, yang lebih dikenal dengan sebutan tasawuf di Barat. Ini adalah cara untuk memahami dan mendekatkan diri kepada Tuhan melalui penyucian batin, merefleksikan dan mengingat Tuhan melalui nyanyian meditatif, lagu dan kadang-kadang bahkan tarian.

Pemikir dan penyair lain pada masanya termasuk Ibn Arabi, filsuf Andalusia dan Fariddudin Attar, penulis Mantiq-ut-Tayr (Konferensi Burung) dari Persia.

Keterbukaan Islam terhadap diskusi dan perdebatan pada saat ini memungkinkan puisi dan seni berkembang, mempengaruhi karya penyair Persia lainnya seperti Hafez dan Omar Khayyam.

3. Pemikiran Spiritualnya Tumbuh di Turki

Setelah menyelesaikan pendidikan teologinya di Aleppo, Suriah, Rumi pergi ke Konya di mana ia bertemu dengan seorang darwis pengembara, bernama Shams-i-Tabriz, yang meninggalkan pengaruh mendalam pada cendekiawan Islam tersebut.

Baraka Blue, pendiri gerakan seni spiritual, Rumi Center, di California, mengatakan Tabriz akan mengubah Rumi, dan menuntun pada “kebangkitan spiritualnya”.

Rumi menulis karya besarnya, Masnavi, sebuah puisi sepanjang 50.000 baris, yang ditulis dalam bait dan kuatrain berima tentang kerinduan seumur hidup untuk mencari Tuhan.

Ini akan menjadi karya-karyanya yang paling terkenal. Karya terkenal lainnya termasuk Fihi Ma Fihi dan Divan-i Shams-i Tabrizi – kumpulan puisi yang ditulis untuk menghormati mentor spiritualnya.

“Ini [Masnavi] sebenarnya disebut 'Quran dalam bahasa Persia', yang menunjukkan bahwa ini adalah puncak ekspresi dalam bahasa tersebut tetapi juga merupakan eksposisi Al-Quran dalam bahasa Persia,” Blue, rapper dan penyair terkenal, kata Al Jazeera.

Seperti yang dikatakan Rumi dalam pendahuluan, “ini adalah akar dari akar jalan [iman],” tambah Blue, penulis The Art of Remembrance.

Untuk sepenuhnya memahami dan menghargai kedalaman kata-kata Rumi, diperlukan “pemahaman yang kuat terhadap tradisi Islam secara umum dan tasawuf pada khususnya”, kata Blue. “Kata-katanya tidak diragukan lagi merupakan titik masuk yang indah menuju tradisi [Islam] ini.”

Rumi sendiri akan menasihati para pembaca Masnavi untuk berwudhu dan menjaga kebersihan seperti saat membaca Al-Qur'an atau salat lima waktu. Niat membacanya adalah untuk terhubung dengan Sang Pencipta.

Jalaluddin Rumi Versi Barat

1. Dikenal sebagai Pemikir Sekuler dan Universal

Terjemahan bahasa Inggris pertama yang diketahui dari beberapa karya Rumi diterbitkan pada tahun 1772 oleh seorang hakim dan ahli bahasa Inggris William Jones di Kalkuta — sekarang Kolkata — yang saat itu merupakan basis British East India Company. Bahasa Persia masih menjadi bahasa resmi di pengadilan dan kantor publik di India, warisan pemerintahan Mughal.

Daya tarik mistik Rumi menarik perhatian para penerjemah Inggris lainnya, JW Redhouse pada tahun 1881, Reynold A Nicholson (1925) dan AJ Arberry’s Mystical Poems of Rumi (1960-79).

Namun Rumi benar-benar mencapai popularitas global di kalangan masyarakat umum setelah terjemahan bahasa Inggris yang lebih tua dan lebih akademis dari karyanya diterjemahkan ulang, khususnya pada tahun 1990-an oleh penulis Amerika Coleman Barks. Lebih dari tujuh abad setelah kematian Rumi, dia menjadi penyair terlaris.

Namun jangkauan populer tersebut harus dibayar mahal, kata beberapa pakar.

“Masalah utama selama beberapa dekade yang disajikan Rumi kepada pembaca Barat, termasuk umat Islam, adalah bahwa Rumi adalah seorang penyair sekuler dan universalis,” jelas Zirrar Ali, seorang penulis dan fotografer yang juga menulis beberapa antologi puisi Persia dan Urdu.

Dia mengatakan kepada Al Jazeera bahwa seperti karya filsuf Jerman Immanuel Kant dan filsuf Inggris John Locke tidak dapat dipahami tanpa memahami sistem kepercayaan mereka, hal yang sama juga terjadi pada Rumi.

“Yang patut dipertanyakan mengapa Rumi bertransformasi begitu leluasa? Ini sebagian karena kemalasan dan sebagian lagi disengaja,” tambahnya.

Menghapus keyakinan Sunni ortodoks Rumi telah menyebabkan terjemahan yang salah, katanya, yang memberikan gambaran pseudo-sekuler tentang pria dan karyanya.

Rumi tidak hanya berperan sebagai seorang universalis, kata Ali, “dia digambarkan sebagai seorang liberal yang berpikiran bebas … seorang pria yang tidak menginginkan apa pun selain anggur, seks bebas, dan kesenangan”.

2. Pemahaman Salah karena Penerjemahan yang Tidak Akurat

Omid Safi, seorang profesor di Departemen Studi Asia dan Timur Tengah di Duke University di North Carolina, juga menunjukkan adanya terjemahan yang tidak akurat.

“Tuhan” atau “Yang Tercinta”, dianggap sebagai kekasih manusia, “bukan referensi halus yang mencakup semua kekasih duniawi, surgawi, dan ilahi”, jelasnya.

“Contoh nyata lainnya adalah kalimat yang banyak dikutip, ‘Biarkan keindahan yang kita cintai menjadi apa yang kita lakukan, ada ratusan cara untuk berlutut dan mencium tanah’. Namun karya asli Rumi secara khusus mengacu pada Ruku’ dan Sajda, yang merupakan postur salat [sehari-hari] dalam Islam.”

Menampilkan beberapa “versi Rumi yang paling populer… menyederhanakan konteks Islam”, Safi mengatakan kepada Al Jazeera.

3. Menginspirasi Chris Martin hingga Madonna

Pada tahun 2015, setengah juta eksemplar terjemahan The Essential Rumi karya Barks terjual, menjadikan Rumi sebagai penyair yang paling banyak dibaca di Amerika Serikat. Dari penyanyi Coldplay Chris Martin hingga Madonna, ikon pop telah berbicara tentang bagaimana mereka terinspirasi oleh karya Rumi. Martin merujuk pada terjemahan Barks. Al Jazeera menghubungi Barks untuk memberikan komentar tetapi belum menerima tanggapan hingga berita ini diterbitkan.

Mungkin tanpa menyadari hubungannya yang lebih dalam dengan Islam, internet yang terobsesi dengan meme kemudian dengan mudah mengubah kalimat-kalimat yang mudah dicerna menjadi kutipan-kutipan yang dapat dibagikan, yang akan digunakan oleh orang-orang romantis yang sedang jatuh cinta untuk mencoba menangkap isi hati orang-orang mereka.

Namun, bahkan kritikus terhadap meme-ifikasi Rumi pun mengakui potensi keuntungan dari terjemahan yang membuat penyair tersebut lebih mudah diakses oleh khalayak abad ke-21.

“Terlepas dari apakah karya Barks bermanfaat atau tidak dianggap sebagai terjemahan, jika karya tersebut membuat orang membaca lebih banyak tentang Rumi dan menemukan terjemahan yang lebih akurat, atau bahkan belajar membaca bahasa Persia, itu adalah hal yang baik,” Mojaradi, yang mendirikan passion tersebut proyek Persia Poetics pada tahun 2018 untuk menghilangkan prasangka meningkatnya kutipan Rumi palsu, kepada Al Jazeera.

Hal itulah yang terjadi pada Baraka Biru. Dia dituntun ke Rumi di masa remajanya ketika dia mempelajari puisi dengan teman-teman yang berpikiran sama, mengalahkan penyair, musisi, dan penulis lagu. Kata-kata Rumi, katanya, mempunyai “dampak yang besar”.

“Bukannya dia pandai berkata-kata, tapi keadaan dia berbicara dan kenyataan yang dia gambarkan. Itulah yang membuat saya tertarik,” kata Blue, seorang pendidik dan penyair, kepada Al Jazeera. Begitu terpesonanya Blue, dia memeluk Islam pada usia 20 tahun dan berziarah ke makam Rumi di Konya tiga bulan kemudian.


4. Kuburannya Jadi Magnet Wisatawan

Tempat sucinya telah menjadi tempat ziarah bagi jutaan umat dan wisatawan, dengan Museum Mevlana mencatat 3,5 juta pengunjung pada tahun 2019, tahun sebelum COVID-19 melanda. Di sinilah juga pertunjukan terbesar dari tarian sema ikonik dipentaskan, terutama pada saat Sheb-i-Arus.

Para darwis berputar dari ordo Mevlevi tampil dalam upacara Sheb-i Arus di Konya, Turki tengah. Setiap bulan Desember, kota Anatolia menyelenggarakan serangkaian acara untuk memperingati kematian cendekiawan Islam abad ke-13, penyair dan mistik sufi Jalaladdin Rumi.

Meskipun asal-usulnya sama misteriusnya dengan gerakan itu sendiri, ada yang mengatakan bahwa Tabriz-lah yang memperkenalkan Rumi pada sema.

Itu hanya menjadi ritual dan bagian dari upacara beberapa tahun setelah Rumi meninggal pada tahun 1273, Sultan Walad, anak tertua dari empat bersaudara, mendirikan Ordo Mevlevi, kadang-kadang juga dikenal sebagai Ordo Darwis Berputar mengacu pada sema yang mempesona. upacara.

Meskipun tarian ini dimasukkan ke dalam Daftar Warisan Budaya Tak Benda Kemanusiaan UNESCO pada tahun 2008, dan Konya memperkirakan ribuan orang akan menghadiri Sheb-i-Arus tahun ini, namun di beberapa tempat, di mana tasawuf kurang diterima, tarian ini dipraktikkan secara pribadi.
(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1536 seconds (0.1#10.140)