Daftar 2 Presiden Palestina dari Awal hingga Sekarang

Sabtu, 16 Desember 2023 - 14:32 WIB
loading...
Daftar 2 Presiden Palestina dari Awal hingga Sekarang
Almarhum Yasser Arafat (kanan) dan Mahmoud Abbas, dua tokoh yang menjadi presiden Palestina dari awal hingga sekarang. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Palestina memiliki sejarah panjang dalam perjuangan kebebasannya. Sejak pertama kali pendudukan Israel, telah muncul banyak tokoh-tokoh yang berperan penting dalam jalannya perjuangan.

Dari sekian tokoh, beberapa di antaranya sukses menjadi ikon perjuangan. Di kemudian hari, mereka pun terpilih untuk menjadi presiden dan terus memperjuangkan kebebasan Palestina.

Daftar 2 Palestina dari Awal hingga Sekarang

1. Yasser Arafat


Yasser Arafat dikenal sebagai sosok pejuang pembebasan Palestina. Sebelum memimpin Palestina, kiprahnya di panggung politik sudah mencorong.



Arafat adalah tokoh yang mendirikan partai politik Fatah. Selain itu, dia juga pernah memimpin Organisasi Pembebasan Palestina (PLO).

Setelah mengadopsi gerakan perlawanan bersenjata bersama kelompoknya, Arafat mulai beralih ke jalan diplomasi. Salah satu kebijakan yang dilakukan adalah membuka jalan bagi masuknya Palestina ke Solusi Dua Negara.

Pada 1996, Arafat terpilih sebagai Presiden Otoritas Nasional Palestina. Mengutip laman History, dia mengantongi 88,1 persen suara dukungan.

Menariknya, Yasser Arafat menjadi pemimpin Palestina pertama yang dipilih secara demokratis dalam sejarahnya. Dia pun memimpin Palestina hingga kematiannya yang misterius pada 2004.

2. Mahmoud Abbas


Saat ini, Mahmoud Abbas dikenal luas sebagai Presiden Palestina. Menariknya, posisi ini sudah ditempatinya selama kurang lebih 18 tahun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2387 seconds (0.1#10.140)