Perang Gaza Memanas, AS Perintahkan Kapal Induknya Tetap Siaga Dekat Israel

Sabtu, 16 Desember 2023 - 11:14 WIB
loading...
A A A
Keputusan untuk mempertahankan USS Gerald R Ford—kapal induk terbaru Angkatan Laut AS—di wilayah tersebut terjadi ketika Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant mengatakan pada hari Kamis bahwa akan memakan waktu berbulan-bulan untuk menghancurkan Hamas, dan memperkirakan perang akan berkepanjangan.

Penasihat Keamanan Nasional AS Jake Sullivan telah bertemu dengan para pemimpin Israel untuk membahas jadwal pengurangan pertempuran besar di Gaza, namun Israel mengulangi tekadnya untuk melanjutkan perlawanan sampai Hamas dikalahkan.

Sekitar 5.000 pelaut di atas kapal USS Gerald R Ford telah menunggu keputusan Pentagon mengenai apakah mereka akan pulang untuk liburan.

Kapal tersebut meninggalkan Norfolk, Virginia, pada awal Mei untuk dikerahkan ke wilayah operasi Komando Eropa AS, dan berdasarkan jadwal semula, kapal tersebut akan tiba di pangkalannya pada awal November.

Rencana awalnya adalah kelompok tempur kapal induk USS Dwight D Eisenhower menggantikan USS Gerlad R Ford di wilayah tersebut. Namun wakil juru bicara Pentagon Sabrina Singh, dalam pengarahan Pentagon pada 17 Oktober, mengatakan Austin telah memutuskan untuk memperluas penempatan USS Gerald R Ford dan menjadikan Eisenhower dan Ford mencakup perairan dari Eropa selatan hingga Timur Tengah.

Komandan militer AS telah lama memuji efektivitas kapal induk Amerika sebagai alat pencegah, termasuk terhadap serangan, pembajakan, dan perilaku agresif lainnya oleh Iran dan kapal-kapalnya, termasuk serangan terhadap kapal komersial di Laut Merah oleh kelompok Houthi Yaman.

Para pejabat mengatakan rencananya adalah mempertahankan USS Gerald R Ford di sana selama beberapa minggu lagi.

Kapal induk USS Dwight D Eisenhower berada di Teluk Oman dan telah berpatroli di Timur Tengah bersama dengan kapal penjelajah USS Philippine Sea dan tiga kapal perang—USS Carney, USS Stethem dan USS Mason, semuanya kapal perusak Angkatan Laut—telah bergerak melalui selat Bab el-Mandeb untuk membantu mencegah dan menanggapi serangan dari Houthi Yaman.

Kapal lain yang menjadi bagian dari kelompok tempur USS Gerald R Ford termasuk kapal perusak USS Thomas Hudner, USS Ramage, USS Carney, dan USS Roosevelt.

Meskipun AS secara teratur menempatkan dua kapal induk di Timur Tengah selama puncak perang Irak dan Afghanistan, dalam beberapa tahun terakhir AS telah mencoba mengalihkan perhatian dan kehadiran Angkatan Laut-nya ke Asia Pasifik.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1406 seconds (0.1#10.140)