Gaza Tidak Cocok untuk Kehidupan Manusia, Apa Penyebabnya?

Jum'at, 15 Desember 2023 - 05:50 WIB
loading...
Gaza Tidak Cocok untuk Kehidupan Manusia, Apa Penyebabnya?
Gaxa dinyatakan PBB tidak cocok untuk kehidupan manusia. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Perang selama sembilan minggu telah membuat Gaza tidak layak huni. Itu diungkapkan komisaris jenderal Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (UNRWA), Philippe Lazzarini.

Apa penyebabnya?

Ketika kelaparan merajalela dan tempat penampungan PBB penuh sesak, UNRWA menuntut diakhirinya pengepungan Israel terhadap daerah kantong tersebut.

Berbicara pada konferensi pers di Jenewa, Lazzarini menggambarkan bagaimana operasi darat Israel di Gaza telah mendorong lebih dari satu juta pengungsi ke selatan menuju kota Rafah. .

“Rafah adalah pusat pengungsian,” kata Lazzarini, dilansir RT. “Satu gudang [PBB] yang menjadi tempat penampungan menampung 30.000 orang. Yang beruntung telah berhasil masuk ke dalam lokasi kami. Yang lain sama sekali tidak punya tempat tujuan. Mereka hidup di alam terbuka, di udara dingin, di lumpur, dan di bawah hujan. Ke mana pun Anda melihat, dipenuhi dengan tempat penampungan sementara. Ke mana pun Anda pergi, orang-orang putus asa, lapar, dan ketakutan.”

Pada awal kampanye pengeboman pada bulan Oktober, Israel mendesak penduduk Kota Gaza – yang terletak di utara wilayah kantong tersebut – untuk bermigrasi ke selatan demi keselamatan mereka sendiri. Mereka yang menuruti perintah tersebut kemudian harus bergerak lebih jauh ke selatan ketika pesawat-pesawat Israel mulai membom kota Khan Younis, dan dengan pasukan darat Israel yang kini menyerbu ke kedua kota tersebut, Rafah tetap menjadi satu-satunya daerah yang relatif aman di seluruh jalur tersebut.



"Masuknya warga ke Rafah telah meningkatkan populasi kota sebanyak empat kali lipat dan membebani sumber daya di sektor yang dulunya merupakan sektor termiskin di Gaza," kata Lazzarini. Pengepungan total yang dilakukan Israel telah menyebabkan kekurangan makanan dan air, dan lembaga-lembaga kemanusiaan mengeluh bahwa konvoi truk bantuan yang diizinkan melewati penyeberangan Mesir-Rafah tidak dapat memenuhi kebutuhan jutaan orang.

“Selama beberapa minggu terakhir kami bertemu dengan semakin banyak orang yang belum makan dalam satu, dua, atau tiga hari,” kata Lazzarini, menggambarkan bagaimana truk yang membawa makanan seringkali tidak dapat sampai ke tempat penampungan dan titik distribusi PBB. “Orang-orang menghentikan truk bantuan, mengambil makanan, dan langsung memakannya,” tambahnya.

“Setiap kali saya kembali [ke Gaza], saya selalu berpikir keadaannya tidak akan bertambah buruk lagi, namun setiap kali saya melihat lebih banyak kesengsaraan, lebih banyak duka, lebih banyak kesedihan, dan saya merasa bahwa Gaza bukanlah tempat yang layak untuk dihuni lagi,” kata dia. kata pejabat PBB kepada wartawan.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1225 seconds (0.1#10.140)