Masa Bodoh dengan Dukungan Internasional, Israel Bakal Terus Berperang

Rabu, 13 Desember 2023 - 23:23 WIB
loading...
Masa Bodoh dengan Dukungan Internasional, Israel Bakal Terus Berperang
Israel akan melanjutkan perangnya terhadap Hamas terlepas dari apakah mereka mendapat dukungan internasional atau tidak. Foto/Ilustrasi
A A A
TEL AVIV - Menteri Luar Negeri Israel , Eli Cohen, mengatakan bahwa menyetujui gencatan senjata di Jalur Gaza pada tahap ini adalah sebuah kesalahan. Israel akan melanjutkan perangnya terhadap Hamas terlepas dari apakah mereka mendapat dukungan internasional atau tidak.

“Israel akan melanjutkan perang melawan Hamas dengan atau tanpa dukungan internasional,” tegas Cohen.

“Gencatan senjata pada tahap saat ini adalah hadiah bagi organisasi teroris Hamas, dan akan memungkinkan mereka kembali bangkit dan mengancam penduduk Israel,” imbuhnya seperti dikutip dari Al Arabiya, Rabu (13/12/2023).

Cohen juga meminta komunitas internasional untuk bertindak “efektif dan agresif” untuk melindungi jalur pelayaran global.



Israel menghadapi peningkatan isolasi diplomatik dalam perangnya di Jalur Gaza ketika PBB menuntut gencatan senjata kemanusiaan segera dan Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden mengatakan pemboman “tanpa pandang bulu” terhadap warga sipil merugikan dukungan internasional.

Israel melancarkan kampanyenya untuk memusnahkan kelompok militan Hamas yang menguasai Gaza dengan simpati global setelah para pejuang menyerbu pagar perbatasan pada tanggal 7 Oktober, menewaskan 1.200 warga Israel, sebagian besar warga sipil, dan menyandera 240 orang.

Namun sejak saat itu, pasukan Israel mengepung daerah kantong tersebut dan menghancurkan sebagian besar wilayah tersebut, dengan lebih dari 18.000 orang dipastikan tewas menurut otoritas kesehatan Palestina, dan ribuan lainnya dikhawatirkan tersesat di reruntuhan atau di luar jangkauan ambulans.

Sejak upaya memperpanjang gencatan senjata selama seminggu gagal pada awal Desember, pasukan Israel telah memperluas kampanye darat mereka dari Jalur Gaza utara ke selatan dengan menyerbu kota utama Khan Younis di selatan.

(ian)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0996 seconds (0.1#10.140)