Warga Dunia Gelar Pemogokan untuk Setop Genosida Israel di Gaza

Selasa, 12 Desember 2023 - 15:56 WIB
loading...
A A A


Banyak orang juga mengambil bagian dalam pemogokan di Mauritania, Qatar, Irak, Maroko dan Tunisia.
“Semua orang mengamati (pemogokan) di sini,” ujar Abu Wadee, seorang warga Yerusalem, mengatakan kepada Middle East Eye.

"Ini berarti kita tidak menginginkan perang. Perang ini harus dihentikan. Seluruh masyarakat Arab dan Eropa harus mengakhirinya. Setidaknya ini yang bisa kita lakukan," tutur dia.

Warga Yerusalem lainnya, yang tidak ingin disebutkan namanya, mengatakan kepada MEE bahwa seruan tersebut merupakan penolakan langsung terhadap veto AS terhadap resolusi DK PBB pada Jumat.

Dunia Harus Melihat


Persatuan Cendekiawan Muslim Internasional mengeluarkan pernyataan yang mendesak lembaga-lembaga, gerakan politik dan tokoh-tokoh berpengaruh secara global untuk mengamati pemogokan tersebut, menyoroti kegagalan Dewan Keamanan PBB menghentikan perang Israel yang sedang berlangsung di Gaza.

Di Lebanon, sekretaris jenderal Dewan Menteri Lebanon, Mahmoud Mekkiya mengumumkan pemogokan nasional pada Minggu, dengan mengatakan semua kantor dan lembaga pemerintah akan ditutup.

Di Yordania, persiapan pemogokan dimulai pada Minggu malam, dengan pemilik toko menggantungkan tanda di luar tempat usaha mereka yang mengumumkan penutupan pada Senin dan alasan mereka berpartisipasi dalam pemogokan.

Pemogokan ini diamati secara luas oleh para pekerja dari berbagai sektor di seluruh kota di Yordania, di mana Badan Bantuan dan Pekerjaan PBB untuk Pengungsi Palestina (Unrwa) menutup semua fasilitasnya, termasuk sekolah-sekolahnya, dan mendesak para karyawan dan siswa untuk tinggal di rumah.

“Kami melakukan mogok kerja pada hari Senin sebagai bentuk solidaritas dengan Gaza terhadap pembantaian yang dilakukan Israel. Kami juga ingin mengirimkan pesan kepada dunia: (sudah cukup) diam atas kejahatan Israel,” tegas Ayman, pemilik toko furnitur di pusat kota Amman, mengatakan kepada MEE.

“Saya tidak menyekolahkan anak-anak saya, Taimullah (11) dan Hiyam (7) ke sekolah...untuk ikut serta dalam pemogokan,” papar Ruba Johar, ibu dua anak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1269 seconds (0.1#10.140)