Warga Dunia Gelar Pemogokan untuk Setop Genosida Israel di Gaza

Selasa, 12 Desember 2023 - 15:56 WIB
loading...
Warga Dunia Gelar Pemogokan untuk Setop Genosida Israel di Gaza
Warga Palestina di Kota Tua Yerusalem berpartisipasi dalam pemogokan global yang menyerukan gencatan senjata di Gaza. Foto/MEE/Latifeh Abdellatif
A A A
ISTANBUL - Warga Palestina dan para pendukungnya di seluruh dunia mengambil bagian dalam “pemogokan global untuk Gaza” pada Senin (11/12/2023) untuk menuntut diakhirinya pemboman Israel terhadap wilayah kantong tersebut.

Pasukan Nasional dan Islam Palestina, koalisi faksi-faksi Palestina, telah menyerukan para pekerja di Tepi Barat dan di seluruh dunia untuk melakukan pemogokan umum sebagai bentuk solidaritas terhadap Gaza yang akan berdampak pada “semua aspek kehidupan”.

Koalisi tersebut mengharapkan “seluruh dunia” untuk menanggapi seruan pemogokan global tersebut.

“Gerakan ini menentang genosida terbuka di Gaza, pembersihan etnis dan permukiman kolonial di Tepi Barat,” tegas pernyataan mereka.

“Pemogokan ini juga menentang upaya melemahkan perjuangan nasional rakyat Palestina,” papar mereka.

Pengumuman tersebut muncul setelah Amerika Serikat (AS) memveto resolusi Dewan Keamanan PBB (DK PBB) pada Jumat yang menuntut gencatan senjata di Gaza.

Kelompok kampanye dan influencer menyebarkan tagar #StrikeForGaza di X yang mendesak para pendukungnya di seluruh dunia tinggal di rumah, melarang anak-anak pergi ke sekolah, dan tidak melakukan transaksi keuangan.

Bagaimana cara berpartisipasi dalam serangan global untuk Gaza pada Senin 11 Desember 2023?

“Jangan membeli apa pun (tunai atau online); Jangan gunakan rekening bank Anda, dan jangan melakukan transaksi apa pun; Jangan tinggalkan rumahmu; Nonaktifkan akun Facebook dan Instagram Anda; Tweet menggunakan hashtag #StrikeForGaza,” ungkap kelompok kampanye itu.

Video dan foto yang dibagikan di X memperlihatkan jalan-jalan raya yang sepi, toko-toko yang tutup, dan angkutan umum yang kosong di Tepi Barat, Lebanon, Yordania, dan Turki, tempat pemogokan terjadi secara luas.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1064 seconds (0.1#10.140)