Benarkah Kapal Selam Nuklir Generasi Keempat Rusia Tak Tertandingi oleh NATO?

Selasa, 12 Desember 2023 - 11:48 WIB
loading...
Benarkah Kapal Selam Nuklir Generasi Keempat Rusia Tak Tertandingi oleh NATO?
Rusia mengklaim kapal selam tenaga nuklir generasi keempat memiliki banyak keunggulan. Foto/Sputnik
A A A
GAZA - Presiden Rusia Vladimir Putin meresmikan dua kapal selam bertenaga nuklir generasi keempat yang baru di kota galangan kapal utara Severodvinsk. Dia mengklaim kapal selam tersebut tidak bisa ditandingin oleh teknologi yang dikembangkan NATO.

Kedua kapal tersebut, ‘Kaisar Alexander III’ dan ‘Krasnoyarsk,’ akan bergabung dengan Armada Pasifik Angkatan Laut Rusia. Putin mengumumkan hal tersebut pada upacara pengibaran bendera untuk meresmikan kapal tersebut.

“Segera, kapal selam pembawa rudal ‘Kaisar Alexander III’ dan ‘Krasnoyarsk’ akan memulai layanan mereka dengan Armada Pasifik,” kata Putin, dilansir RT. Putin menggambarkan kapal selam tersebut sebagai “menakutkan” dan “tak tertandingi di kelasnya.”

Kaisar Alexander III adalah kapal ketujuh dalam seri kelas Borei yang strategis dan yang keempat di antara varian Borei-A yang ditingkatkan. Krasnoyarsk adalah yang keempat di antara keluarga multi-peran Yasen-M.

"Tiga kapal selam Borei-A lagi saat ini sedang diproduksi dan diperkirakan akan diluncurkan dalam beberapa tahun ke depan," kata Putin, sementara lima kapal Yasen-M lainnya sedang dibangun.



Kapal selam kelas Borei adalah tulang punggung kekuatan angkatan laut strategis Rusia, yang masing-masing membawa 16 rudal balistik antarbenua Bulava berbahan bakar padat dengan jangkauan 8.000 km (4.971 mil).

Kapal-kapal tersebut juga memiliki enam tabung torpedo besar berukuran 533 mm sebagai persenjataan ‘sekunder’ mereka, dengan senjata yang mampu meluncurkan berbagai amunisi, termasuk rudal jelajah dan ranjau laut.

Kapal selam keluarga Yasen-M lebih banyak mengisi peran taktis dalam angkatan laut, dengan kapal di kelas ini mampu membawa berbagai macam amunisi.

Kapal selam Yasen-M memiliki sepuluh tabung torpedo 533 mm dan delapan sistem peluncuran vertikal. Setiap peluncur dapat dipersenjatai dengan empat rudal anti-kapal Oniks atau amunisi hipersonik Zirkon baru yang diperkenalkan awal tahun ini. Peluncur vertikal juga dapat memuat hingga lima rudal jelajah Kalibr.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0865 seconds (0.1#10.140)