Kapal Kargo Dihantam Rudal yang Diluncurkan dari Wilayah Houthi

Selasa, 12 Desember 2023 - 09:57 WIB
loading...
Kapal Kargo Dihantam Rudal yang Diluncurkan dari Wilayah Houthi
Milisi Houthi kerap menyerang kapal dagang yang memiliki hubungan dengan Israel. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Sebuah kapal kargo diserang rudal yang diluncurkan dari wilayah Houthi, kelompok pejuang Syiah di Yaman . Tidak ada korban jiwa dalam serangan tersebut.

Mengutip dua pejabat pertahanan AS yang tidak disebutkan namanya, kantor berita Reuters melaporkan bahwa rudal tersebut ditembakkan dari wilayah Yaman yang dikuasai Houthi.

Serangan tersebut – yang menyebabkan kebakaran dan kerusakan, namun tidak ada korban jiwa, menurut Reuters – terjadi sekitar 60 mil laut (111 km) utara Bab al-Mandeb, selat sempit yang menghubungkan Laut Merah dengan Teluk Aden, salah satu selat paling mematikan di dunia.

"Kapal perusak Angkatan Laut AS, Mason, berada di lokasi dan memberikan bantuan," kata para pejabat tersebut kepada Reuters.



Kemudian, melansir TRT World, serangan terhadap kapal tersebut terjadi ketika ancaman meningkat dari pemberontak Houthi Yaman terhadap pelayaran komersial di wilayah tersebut karena perang Israel di Gaza yang terkepung.

Kelompok Houthi tidak segera mengaku bertanggung jawab atas serangan itu, meskipun juru bicara militer pemberontak Brigadir Jenderal Yahya Saree mengatakan pengumuman penting akan datang dari mereka dalam beberapa jam mendatang.

Perusahaan intelijen swasta Ambrey dan Dryad Global mengkonfirmasi serangan itu terjadi di dekat Selat Bab al-Mandeb yang penting yang memisahkan Afrika Timur dari Semenanjung Arab, namun mengatakan mereka tidak memiliki rincian lainnya.

Serangan terhadap angkutan motor STINDA terjadi sekitar 60 mil laut di utara Selat Bab al Mandab, kata salah satu pejabat. Kapal perusak Angkatan Laut AS, Mason, berada di lokasi dan memberikan bantuan, kata para pejabat. Belum jelas apakah STINDA memiliki hubungan dengan Israel atau sedang menuju ke pelabuhan Israel.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1122 seconds (0.1#10.140)