Terbukti Gunakan Bom Fosfor Putih, Israel Melakukan Kejahatan Perang

Selasa, 12 Desember 2023 - 06:17 WIB
loading...
Terbukti Gunakan Bom Fosfor Putih, Israel Melakukan Kejahatan Perang
Israel menggunakan bom fosfor putih yang berbahaya dalam menyerang Lebanon dan Gaza. Foto/Reuters
A A A
GAZA - Israel nyata-nyata menggunakan bom fosfor putih yang sangat berbahaya bagi warga sipil. Itu dikategorikan sebagai kejahatan perang.

Dewan Hubungan Amerika-Islam mengecam apa yang disebutnya sebagai penggunaan bahan pembakar atau bom fosfor putih yang “melanggar hukum” oleh Israel di wilayah sipil. Itu mengutip laporan Washington Post yang mendokumentasikan penyebaran fosfor putih yang dipasok AS di Lebanon.

“Laporan penggunaan fosfor putih oleh pemerintah Israel adalah kejahatan perang mengerikan yang harus dikutuk, diselidiki, dan diatasi oleh negara kita,” kata Wakil Direktur CAIR Edward Ahmed Mitchell.

“Negara kita juga harus segera mengakhiri semua dukungan material terhadap pelanggaran hak asasi manusia yang dilakukan pemerintah Israel terhadap warga sipil.”

Para pejabat AS telah menyatakan keprihatinannya terhadap laporan Washington Post. Israel telah menekankan bahwa militernya mematuhi hukum perang.

Matthew Alan Miller, juru bicara Departemen Luar Negeri, mengatakan pemerintah “prihatin” dengan laporan Washington Post yang mendokumentasikan penggunaan fosfor putih yang dipasok AS oleh Israel di Lebanon.

Fosfor putih adalah zat beracun dan sangat mudah terbakar yang dapat membakar logam dan penggunaannya di wilayah sipil dilarang berdasarkan hukum internasional.



“Kapan pun kami memberikan barang-barang seperti fosfor putih, atau apa pun kepada militer lain, kami melakukannya dengan harapan bahwa barang-barang tersebut akan digunakan untuk tujuan yang sah dan sepenuhnya sesuai dengan hukum kemanusiaan internasional dan hukum konflik bersenjata,” kata Miller.

“Jadi kami sedang menyelidiki hal ini dan mencari informasi tambahan.”

Pada bulan Oktober, Human Rights Watch juga mengatakan Israel telah menggunakan fosfor putih di Gaza dan Lebanon.

Gedung Putih juga prihatin dengan penggunaan fosfor putih oleh Israel. “Kami sudah melihat laporannya. Tentu saja prihatin akan hal itu. Kami akan mengajukan pertanyaan untuk mencoba mempelajari lebih banyak,” kata juru bicara Gedung Putih John Kirby ketika ditanya tentang laporan bahwa Israel telah menggunakan amunisi fosfor putih yang dipasok AS di Lebanon selatan.

Namun, Kirby mengatakan bahwa fosfor putih memiliki “kegunaan militer yang sah” untuk penerangan dan menghasilkan asap guna memberikan perlindungan bagi pergerakan militer.

“Tentu saja, setiap kali kami memberikan barang-barang seperti fosfor putih kepada militer lain, kami berharap sepenuhnya bahwa barang-barang tersebut akan digunakan sesuai dengan tujuan yang sah… dan sesuai dengan hukum konflik bersenjata,” Kirby menambahkan.

Human Rights Watch, yang juga mendokumentasikan penggunaan fosfor putih oleh Israel di Lebanon dan Gaza sejak awal perang, sebelumnya mengatakan bahwa penggunaannya “melanggar hukum dan sembarangan” bila digunakan di daerah perkotaan yang padat penduduknya. Amunisi tersebut dapat menyebabkan luka bakar parah hingga ke tulang yang dapat membunuh.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1527 seconds (0.1#10.140)