Rusia Kecam Rencana AS Bentuk Pasukan di Suriah

Senin, 15 Januari 2018 - 23:34 WIB
Rusia Kecam Rencana AS Bentuk Pasukan di Suriah
Rusia Kecam Rencana AS Bentuk Pasukan di Suriah
A A A
MOSKOW - Menteri Luar Negeri Rusia, Sergei Lavrov menyatakan pihaknya mengecam keras rencana Amerika Serikat (AS) untuk membentuk pasukan di Suriah. AS berencana membentuk pasukan keamanan baru beranggotakan 30 ribu pasukan baru, yang akan ditempatkan di perbatasan Suriah, yang turut melibatkan pasukan Kurdi Suriah.

Dalam konferensi pers tahunannya di Moskow, Lavrov menyatakan, pembentukan pasukan ini dapat membahayakan integritas teritorial Suriah. Selain itu, hal ini juga dinilai dapat merusak hubungan AS dan Turki, serta Kurdi dan Turki.

"Proyek sepihak yang tampak seperti ultimatum yang dibuat oleh AS, yang bertujuan untuk mendirikan sebuah tentara di Suriah, dapat menimbulkan masalah dalam hubungan antara Turki dan Kurdi," ucap Lavrov, seperti dilansir Anadolu Agency pada Senin (15/1).

Dia juga mengatakan, langkah AS akan mengarah pada pembentukan wilayah terisolasi yang besar di perbatasan Suriah dengan Turki dan Irak. "Masalah serius ini membawa pada hasil yang mengkhawatirkan mengenai langkah-langkah yang harus diambil untuk wilayah-wilayah ini di Suriah," ucapnya.

Sebelumnya, Kementerian Luar Negeri Suriah telah mengeluarkan kecaman keras atas rencana pembentukan pasukan itu. Kementerian Luar Negeri Suriah menyatakan, apa yang dilakukan oleh Amerika Serikat (AS) tersebut adalah sebuah agresi terang-terangan terhadap kedaulatan Suriah.

"Ini adalah agresi terang-terangan mengenai kedaulatan dan integritas teritorial Suriah dan pelanggaran mencolok terhadap hukum internasional," kata Kementerian Luar Negeri Suriah.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4692 seconds (0.1#10.140)