Rusia Jelaskan Hubungannya dengan Hamas

Senin, 11 Desember 2023 - 09:06 WIB
loading...
Rusia Jelaskan Hubungannya dengan Hamas
Wakil Menteri Luar Negeri Rusia Mikhail Bogdanov bersama Pemimpin Hamas Musa Abu Marzouk dan Bassem Naim di Moskow, Rusia. Foto/REUTERS
A A A
GAZA - Kontak Rusia dengan Hamas terbatas pada cabang politik kelompok pejuang Palestina, yang bermarkas di Qatar.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Rusia Sergey Lavrov menjelaskan hal itu kepada hadirin di forum online di Doha pada Minggu (10/12/2023).

“Hamas melancarkan serangan pada 7 Oktober, dan kami langsung mengutuknya. Hamas memiliki cabang politik yang beroperasi di Doha, dan kami memiliki hubungan dengan cabang politik tersebut, dan kami segera menghubungi orang-orang di Doha untuk membahas nasib orang-orang yang disandera,” jelas Lavrov.

Ketika Israel dan Hamas menyetujui gencatan senjata sementara dan pertukaran sandera bulan lalu, Rusia telah mengevakuasi lebih dari 750 warganya, termasuk 300 anak-anak, dari zona perang, dan sebagian besar terbang kembali ke Moskow.

Jeda permusuhan, yang merupakan hasil perundingan selama berminggu-minggu yang ditengahi Qatar, menyebabkan Hamas membebaskan 110 tawanan yang diculik dalam serangan 7 Oktober yang menewaskan 1.200 warga Israel.

Sebagai imbalannya, Israel membebaskan 240 anak-anak dan wanita Palestina dari penjara mereka.

Di luar perjanjian penyanderaan utama antara Israel dan Gaza, Rusia menjamin pembebasan beberapa warga negaranya sendiri dari tahanan Hamas, dan menjadi tuan rumah bagi setidaknya satu delegasi Palestina di Moskow selama negosiasi berlangsung.



Israel telah dikecam secara luas atas apa yang disebut para kritikus sebagai pemboman tanpa pandang bulu di Gaza, yang telah menyebabkan lebih dari 1,9 juta warga mengungsi dari 2,3 juta penduduk di wilayah kantong tersebut hanya dalam waktu dua bulan.

Rezim kolonial Israel juga telah membunuh lebih dari 18.000 warga Palestina, menurut Kementerian Kesehatan Gaza.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0909 seconds (0.1#10.140)