alexametrics

Pasukan Rusia Gelar Latihan Udara Dekat Perbatasan Korut

loading...
Pasukan Rusia Gelar Latihan Udara Dekat Perbatasan Korut
Rusia gelar latihan udara di wilayah perbatasan dengan Korut dan China. Foto/Istimewa
A+ A-
MOSKOW - Jet-jet Rusia meluncurkan serangkaian manuver tembakan di langit dengan perbatasannya dengan Korea Utara (Korut) dan China. Aksi itu merupakan latihan udara pertama yang diadakan di timur negara itu pada tahun 2018.

Rusia adalah satu dari tiga negara yang memiliki perbatasan darat dengan Korut. Tahun lalu, angkatan bersenjata melakukan serangkaian latihan yang mencakup latihan pemboman oleh angkatan udara, terjun payung dan pendaratan amfibi dengan air.

Peluncuran uji coba nuklir Korut telah meningkatkan ketegangan dengan sekutunya Korea Selatan (Korsel) dan Jepang, serta Amerika Serikat (AS). Perang kata-kata antara Pyongyang dengan Presiden AS Donald Trump telah membuat Rusia dan China prihatin, serta sejumlah negara internasional.

"Setelah istirahat selama liburan musim dingin, pasukan Rusia kembali bertugas di tiga wilayah yang berbatasan dengan China utara," kata Kementerian Pertahanan Rusia dalam sebuah pernyataan seperti dikutip dari Newsweek, Sabtu (13/1/2018).

Lebih dari 50 pesawat mengambil bagian dalam latihan itu, menembakkan roket yang tidak terarah, bom pesawat terbang dan meriam onboard.

Penasihat keamanan utama Kremlin,, Nikolai Patrushev mengatakan bulan lalu bahwa Moskow khawatir perang di Korut dapat mengancam Rusia.

Moskow telah menunjukkan minat yang tinggi dalam menampilkan kemampuan militernya yang dekat dengan Korut. Armada Pasifik Rusia menghabiskan empat kali lebih lama di laut daripada yang direncanakan untuk tahun ini, dengan wilayah Primorye, yang terletak di dekat perbatasan Korut, mengalami peningkatan penyebaran tunggal tertinggi.
(ian)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak