Duo Korea Berlomba Bangun Kapal Selam, Ini Perbandingan Spesifikasinya

Jum'at, 08 Desember 2023 - 18:43 WIB
loading...
A A A
Hanya empat dari 10 sel peluncuran kapal selam baru yang tampak cukup besar untuk menampung rudal balistik, kandidat yang paling mungkin adalah KN-23 versi angkatan laut. Enam sel lainnya kemungkinan dimaksudkan untuk menampung rudal jelajah yang diluncurkan dari kapal selam, khususnya versi Hwasal-1, dua di antaranya dilaporkan diluncurkan dari SSB pertama Korut dalam uji coba pada bulan Maret.

Kim Jong-un menyebut SSB sebagai “kapal selam serang nuklir taktis” adalah hal yang penting, karena hal ini menyiratkan bahwa kapal selam tersebut dimaksudkan untuk melakukan serangan “taktis” terhadap sasaran militer di lingkungannya dibandingkan untuk menyerang sasaran “strategis” yang lebih jauh, termasuk sasaran di AS.

2. Kapal Selam Kelas Dosan Ahn Changho Korea Selatan

Duo Korea Berlomba Bangun Kapal Selam, Ini Perbandingan Spesifikasinya

Foto: Business Insider

Kapal selam kelas Dosan Ahn Changho, yang secara resmi disebut KSS-III, adalah pendekatan Korsel terhadap SSB.

Dibangun di dalam negeri dengan bobot perpindahan lebih dari 3.000 ton, ini adalah kapal selam kelas terbesar milik Korsel. Kapal ini meminjam desain dua model kapal selam sebelumnya, kelas Jang Bogo dan Son Won-Il, yang merupakan versi kapal selam serang diesel-listrik Tipe 209 dan Tipe 214 milik Jerman.

Kapal pertama di kelasnya, ROKS Dosan Ahn Changho, diluncurkan pada tahun 2018. Panjangnya 83,2 meter, lebar 9,4 meter, dan memiliki awak 50 orang. Kapal ini memiliki desain yang canggih, dilengkapi tiang optronik, sistem propulsi independen udara, dan sonar busur, sayap, dan derek. Kapal ini juga memiliki ubin anechoic, fitur langka untuk kapal selam non-nuklir.

ROKS Dosan Ahn Changho memiliki enam tabung torpedo di haluan dan enam sel peluncuran vertikal di belakang layar. Sel-sel tersebut dapat menampung enam rudal balistik Hyunmoo-4-4 atau enam rudal jelajah Hyunmoo-3.

Dua SSB kelas Dosan Ahn Changho telah ditugaskan: ROKS Dosan Ahn Changho pada tahun 2021 dan ROKS Ahn Mu pada bulan April tahun ini. Yang ketiga, ROKS Shin Chae-ho dijadwalkan dikirim tahun depan.

Korea Selatan berencana membangun sembilan SSB kelas Dosan Ahn Changho dalam tiga batch yang terdiri dari tiga kapal. Kapal Batch II dan III akan lebih besar dan dilengkapi dengan 10 tabung peluncuran vertikal dan baterai lithium-ion yang tahan lebih lama. Peletakan kapal Angkatan II pertama dilakukan pada bulan Maret dan kesembilan kapal tersebut direncanakan akan beroperasi pada awal tahun 2030-an.

Seoul sedang mempertimbangkan peningkatan lainnya pada kapal kelas Dosan Ahn Changho di masa depan, termasuk sistem peluncuran vertikal baru dan kemungkinan membangun varian bertenaga nuklir. Mereka juga mempertimbangkan untuk mengekspornya, mengusulkan penjualan ke India, Polandia, dan Kanada.

Perbandingan Kemampuan


Pembuatan kapal selam ini menunjukkan niat yang sangat dua Korea bahwa keduanya menginginkan serangan kedua atau bahkan kemampuan serangan pendahuluan yang aman dan tidak terlalu rentan terhadap serangan artileri, pesawat terbang dan rudal negara lain.

Kemampuan sebenarnya kapal selam Korut, Kim Kun Ok, tidak diketahui. Karena desainnya berasal dari era tahun 1950-an, kapal ini sudah memiliki kelemahan jika dibandingkan dengan senjata anti-kapal selam modern, dan kecil kemungkinan kapal selam kelas Romeo dapat dimodifikasi secara ekstensif dan masih dapat beroperasi secara efektif.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1492 seconds (0.1#10.140)