Putin Dikawal 4 Jet Tempur Rusia dalam Lawatan ke Timur Tengah

Kamis, 07 Desember 2023 - 08:57 WIB
loading...
A A A
Presiden Rusia telah menjalin hubungan dengan sekutu di Timur Tengah, Afrika, Amerika Latin, dan Asia, di tengah upaya Barat mengisolasi Moskow.

MBS maupun Putin (71) menginginkan dan membutuhkan harga minyak yang tinggi, yang merupakan sumber kehidupan perekonomian mereka.

Pertanyaan bagi keduanya adalah seberapa besar beban yang harus ditanggung masing-masing negara untuk menjaga harga tetap tinggi dan bagaimana memverifikasi beban tersebut.

OPEC+


OPEC+, bulan lalu, menunda pertemuannya beberapa hari karena ketidaksepakatan mengenai tingkat produksi.

Menteri Energi Saudi mengatakan OPEC+ juga menginginkan lebih banyak jaminan dari Moskow bahwa mereka akan menepati janjinya untuk mengurangi ekspor bahan bakar.

Hubungan antara Saudi dan Rusia di OPEC+ terkadang tidak mudah dan kesepakatan mengenai pengurangan produksi hampir gagal pada Maret 2020, karena pasar sudah terguncang oleh timbulnya pandemi COVID.

Namun keduanya berhasil memperbaiki hubungan mereka dalam beberapa pekan dan OPEC+ setuju untuk memangkas hampir 10% permintaan global.

Sejak pecahnya perang antara Israel dan Hamas pada Oktober, Putin menganggap konflik tersebut sebagai kegagalan kebijakan AS di Timur Tengah. Rusia telah membina hubungan dengan sekutu Arab dan Iran, serta dengan kelompok pejuang Palestina.
(sya)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1354 seconds (0.1#10.140)